Lisbon Kandidat Tuan Rumah Liga Champions Format Piala Dunia

Ibukota Portugal, Lisbon, diyakini berpotensi besar menjadi tuan rumah untuk turnamen mini Liga Champions 2019-2020. Turnamen mini ini digelar untuk menyelesaikan babak perempat final hingga final Liga Champions yang tertunda akibat pandemi Virus Corona (COVID-19) sejak Maret lalu.

BBC menyebut pembicaraan di UEFA mempertimbangkan Lisbon karena kota tersebut memiliki dua stadion dengan fasilitas yang sesuai untuk pertandingan besar. Selain itu, Lisbon juga mendukung dalam jumlah hotel untuk menampung keseluruhan tim.

Alasan lainnya adalah karena Portugal sudah mencabut fase pembatasan akibat COVID-19. Sementara itu, Liga Primeira Portugal sudah dipertandingkan sejak 3 Juni lalu.

Turnamen mini digelar untuk memperpendek masa kompetisi yang sudah tertunda. Karena pandemi, UEFA tidak lagi menggunakan Istanbul sebagai tempat untuk final Liga Champions dan final Liga Europa berkemungkinan dipindah dari Gdansk, Polandia, ke Jerman.

Tetap digelar tanpa penonton, format turnamen mini seperti Piala Dunia diambil untuk memberikan pilihan yang lebih menghibur bagi lembaga penyiar dan penikmat pertandingan melalui televisi. Namun, ada juga usulan untuk tetap menggelar dua leg sebagaimana biasanya meski ditempatkan di satu kota saja.

Komite Eksekutif UEFA akan mengambil keputusan tentang hal ini pada 17 Juni. Liga Champions dijadwalkan akan dimulai kembali pada 30 Juni dengan partai final pada 23 Agustus dan 21 Agustus untuk final Liga Europa.

Liga Champions musim ini baru sampai pada leg kedua babak perdelapan final. Dari delapan pertandingan, empat di antaranya yang belum sempat digelar adalah Real Madrid versus Manchester City, Chelsea versus Bayern Muenchen, Lyon kontra Juventus, serta Napoli versus Barcelona.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *