Michael Gambon Pemeran Dumbledore di Film Harry Potter Meninggal Dunia Akibat Pneumonia

Kabar duka datang dari dunia perfilman Inggris, aktor pemeran Profesor Albus Dumbledore di Film Harry Potter, Michael Gambon dikabarkan meninggal dunia di usia 82 tahun akibat pneumonia.

Kabar ini dikonfirmasi oleh pihak keluarga dari aktor asal Irlandia itu dalam sebuah pernyataan pada Kamis, 28 September 2023 pagi waktu setempat.

“Kami sangat terpukul mengumumkan meninggalnya Sir Michael Gambon. Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya Anne dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Sebagai informasi, Michael Gambon memulai kariernya di dunia hiburan bermula saat ia bekerja di TV, film, teater dan juga radio selama enam dekade lamanya. Selama kariernya tersebut Michael Gambon memenangkan empat penghargaan BAFTA televisi.

Dilansir dari bbc, keluarga Michael Gambon pernah pindah ke London saat ia masih kecil, dan dari situlah panggung pertama Gambon di Irlandia dimulai. Ia memulai karier aktingnya dalam produksi Othello di Teater Gates di Dublin pada tahun 1962.

Perjalanan karier Michael Gambon kemudian melejit ketika ia menjadi salah satu anggota asli perusahaan akting Teater Nasional Laurence Olivier di London. Dia kemudian memenangkan tiga penghargaan Olivier untuk penampilannya dalam produksi Teater Nasional.

Selama bertahun-tahun, perjalanannya di layar telah ditandai dengan peran-peran yang hebat dan terkadang mengintimidasi, termasuk film-film terkenal seperti Layer Cake, The Wings of the Dove, Gosford Park, The King’s Speech, serta kolaborasi dengan sutradara Wes Anderson dalam film seperti The Life Aquatic.

Meski banyak di layar kaca dan layar lebar, tentu saja peran aktor kelahiran 19 Oktober 1940 yang paling terkenal datang di akhir-akhir kariernya, yaitu ketika ia mengambil peran Albus Dumbledore, figur panutan Harry Potter dan Kepala Sekolah Sekolah Sihir Hogwarts.

Dipilih secara pribadi untuk mengambil alih peran Dumbledore di film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban setelah kematian aktor Richard Harris, Gambon membawa energi yang lebih muda ke karakter tersebut. Ia berperan sebagai Dumbledore dari 2004 hingga akhir waralaba pada 2011. Gambon memandang peran itu sebagai sesuatu yang menyenangkan pada tahun-tahun terakhirnya.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *