Riau Rhytm Gelar Tur Amerika Serikat

Riau Rhythm grup musik asal Pekanbaru, Provinsi Riau, menggelar tur Amerika Serikat, pada 18 hingga 26 September 2023. Riau Rhytm merupakan grup yang berbasis musik tradisi Melayu dengan pendekatan modern, dalam penyajian musik dan narasi yang mereka angkat melalui karya-karya mereka.

“Setelah proses panjang dari tahun 2003 hingga pada akhirnya ditahun 2023 ini, Riau Rhythm di nyatakan lolos untuk konser persentasi di Amerika Serikat dengan 4 panggung pertunjukan di kota Chicago, Illionis, New York dan New Jersey,” tulis Riau Rhytm dalam keterangan pers.

Langkah yang ditempuh Riau Rhytm ini sekaligus sebagai upaya untuk masuk ke dalam sirkuit industri world music global.
Advertisement

Dalam perjalanan musiknya, Riau Rhytm banyak mengangkat isu kebudayaan Melayu sebagai landasan berkarya. Ini membuat musik mereka bukan saja memiliki karakteristik bunyi Melayu yang kuat, tetapi juga kedalaman materi dari segi narasi kebudayaan.

“Konsistensi adalah kunci untuk terus bertahan dengan mengekplorasi, riset dan merekonstruksi budaya Melayu ke perekaman audio dan panggung panggung musik. Rino Dezapaty, komposer dan juga founder kelompok ini mulai membaca riset konsep proto melayu (Melayu tua) sebelum masehi di tahun 2007 sampai 2012 dan proses itu terekam dalam album SUVARNADVIPA yang menjadi bagian dari hasil riset sejarah candi Muara Takus,” tulis Riau Rhytm.

Jadwal tur Riau Rhytm di Amerika Serikat adalah tampil di Indonesian Cultural Center – Carpenter St. Chicago (19 September 2023), Old Town School, Chicago (20 September 2023), Madison Avenue, New York (23 September 2023), Jersey City Theater, New Jersey (24 September 2023).

Riau Rhytm yang tampil di Amerika Serikat beranggotakan Rino Dezapaty (komposer/gambus) Violano Rupiyanto (gambus/12 string guitar) Giring Fitrah (calempong/vokal) Cendra Putra Yanis (cellist) Viogy Rupiyanto (violin/vokal) Hendri Faizal (keyboard/akordeon) Hafiz Tisyan (flute/bamboo), Refi Lesta Hakim (drum/perkusi).

Riau Rhytm telah berdiri selama 22 tahun dan tetap konsisten membawakan musik Melayu. Mereka sudah tampil di beberapa negara, yaitu Italia, Perancis, Turki, Malaysia, Singapura, Australia, Spanyol, Portugal, Swiss, dan India.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *