Kronologi Konflik Courtois vs Tedesco Soal Kapten Belgia

Situasi di timnas Belgia memanas seiring perbedaan pendapat antara pelatih Domenico Tedesco dan Thibaut Courtois. Berikut kronologi momen tersebut.

Dalam duel Belgia vs Austria, Kevin De Bruyne yang bertindak sebagai kapten pertama Belgia absen lantaran cedera. Hal itu kemudian membuat Tedesco harus menunjuk kapten baru di laga tersebut.

Di laga itu, Courtois akan memainkan laga ke-102 bersama timnas Belgia dan jadi simbol perayaan keberhasilan Courtois melewati catatan 100 penampilan di tim nasional. Namun Tedesco ternyata memilih Lukaku sebagai kapten.

Hal itu yang disebut membuat situasi di internal tim menjadi panas. Tedesco lalu menyatakan sebelumnya sudah ada pembicaraan bahwa Courtois akan jadi kapten di laga lawan Estonia. Namun Courtois tidak lagi bergabung bersama timnas Belgia setelah sempat melakukan pembicaraan dengan Tedesco di ruang ganti.

“Thibaut Courtois sangat penting bagi kami. Saya tidak bisa mengatakan pada kalian betapa saya sangat menghargainya.”

“Pada Sabtu, saya berbicara dengan Romelu dan Thibaut tentang posisi kapten. Melawan Austria, menjadi milik Lukaku, sedangkan di laga Estonia, Thibaut yang melakukannya,” ujar Tedesco, dikutip dari The Guardian.

Tedesco lalu membantah kabar bahwa Courtois bakal absen di laga lawan Estonia karena cedera. Tedesco secara terang-terangan menyebut Courtois kecewa dengan keputusan yang diambil dirinya di laga lawan Austria.

“Saya harap saya bisa berkata bahwa itu karena cedera, namun saya tidak bisa berbohong,” kata Tedesco.

Courtois pun murka dengar klaim Tedesco tersebut. Courtois menganggap Tedesco tak perlu membocorkan obrolan-obrolan tentang situasi internal tim kepada publik.

Courtois menyebut dirinya mengalami masalah di lutut kanan. Ia pun sudah berkonsultasi dengan tim medis dari Real Madrid dan Belgia sebelum mengambil keputusan meninggalkan tim nasional.

“Saya ingin memperjelas bahwa ini bukan pertama kali atau terakhir kalinya saya berbicara pada pelatih soal isu-isu terkait ruang ganti, namun ini kali pertama seseorang [Tedesco] menyampaikan hal tersebut ke publik.”

“Saya benar-benar kecewa dengan ini, namun saya ingin menegaskan bahwa pernyataan pelatih tidak sesuai kenyataan,” tutur Courtois.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *