Ahmad Dhani Buka Suara Soal Once dan Royalti Lagu Dewa 19

Ahmad Dhani menjelaskan persoalan royalti lagu Dewa 19 yang baru-baru ini disinggung Once Mekel. Ia mengatakan masalah royalti dan izin membawakan lagu Dewa 19 merupakan ranah penyelenggara acara, bukan Once.

Oleh sebab itu, penggawa Dewa 19 tersebut menegaskan tidak memiliki masalah dengan Once terkait izin membawakan lagu ciptaan Ahmad Dhani.

Ia juga menegaskan kewajiban pembayaran royalti bukan tanggung jawab solois tersebut. Hal itu disampaikan setelah tahu Once sedang cari jalan tengah terkait royalti menyanyikan lagu Dewa 19.

“Itu bukan ranah Once, itu ranah EO [Event Organizer]. Once tidak punya wewenang bayar royalti, EO yang harus bayar,” tutur Ahmad Dhani kepada CNNIndonesia.com, Rabu (22/2) malam.

“Jadi Once tidak perlu memikirkan titik tengah, karena titik tengahnya tidak ada,” lanjut Ahmad Dhani.

Selain itu, Ahmad Dhani juga merespons kabar dirinya melarang Once membawakan lagu-lagu Dewa 19. Ia memastikan tidak melarang Once membawakan lagu Dewa 19 selama sesuai ketentuan.

Ketentuan itu meliputi mendapat izin dari Ahmad Dhani selaku pencipta lagu hingga melakukan pembayaran royalti kepada WAMI (Wahana Musik Indonesia).

WAMI merupakan badan usaha atau manajemen kolektif yang menaungi royalti atas Performing Rights karya-karya Dewa 19 dan Ahmad Dhani.

“[Tidak melarang] jika EO-nya sudah berurusan dengan saya dan WAMI,” ucap Ahmad Dhani.

“WAMI sudah sepakat dengan saya, bahwa EO yang akan menghadirkan artis [untuk] menyanyikan lagu Ahmad Dhani harus izin tertulis dari WAMI,” lanjutnya. “Tentunya setelah saya setuju dengan kesepakatannya.”

InsertLive pada Kamis (23/2) memberitakan Once Mekel baru-baru ini merilis klarifikasi terkait kabar yang menyebut dirinya enggan membayar royalti lagu Dewa 19.

Ia menjelaskan persoalan ini tengah dibahas bersama Ahmad Dhani. Pembahasan itu disebut bertujuan untuk menemukan titik tengah agar lagu Dewa 19 bisa dibawakan Once.

Once juga menyinggung peran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) selaku badan yang seharusnya mengatur sistem royalti atau sistem bagi hasil.

Once Mekel merupakan solois Indonesia yang pernah bergabung sebagai vokalis Dewa 19. Ia menjadi menggantikan Ari Lasso di kursi vokalis sejak 1999.

Karier Once sebagai vokalis melambung setelah Dewa 19 merilis sejumlah album hit, termasuk Bintang Lima (2000) dan Cintailah Cinta (2002). Dewa 19 tercatat merilis lima album dengan Once Mekel sebagai vokalis.

Ia kemudian melanjutkan karier solo ketika Dewa 19 sempat berpisah pada 2011. Berbagai single hit diluncurkan Once sebagai solois, mulai dari Dealova hingga Symphony yang Indah.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *