Diminta Tangkap KKB Hidup atau Mati, Mabes Polri Siap Tambah Pasukan

Mabes Polri siap membantu Polda Papua Barat untuk menambah pasukan dalam Operasi Damai Cartenz. Hal itu menyusul status Papua Barat siaga 1 atas ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Pasukan Satgas Damai Cartenz dan pasukan Polda yang laksanakan penegakan hukum (gakkum), apabila Polda Papua perlu penebalan tentunya Mabes akan back up,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis, 29 Desember 2022.

Sebelumnya, Kapolda Papua Barat, Irjen Daniel T.M. Silitonga, memerintahkan penangkapan terhadap KKB yang masih menebar teror terhadap warga sipil di Maybrat, Papua Barat Daya. Daniel menegaskan KKB harus ditangkap baik dalam keadaan hidup maupun mati.

“Kami siaga satu hadapi KKB di Maybrat. Intinya para penjahat itu harus ditangkap hidup atau mati,” kata Daniel di Manokwari, Rabu, 28 Desember 2022.

Daniel menjelaskan pihaknya juga meningkatkan status siaga di wilayah yang terendus teror bohong KKB. Menurutnya, personel Polri dan TNI telah menguasai daerah Maybrat yang sebelumnya KKB mengklaim telah menduduki daerah itu.

“Sampai saat ini Maybrat dalam situasi kondusif. Polri dan TNI melakukan evaluasi berkala bersama Pemkab Maybrat sehingga kami memastikan video yang beredar tentang KKB menguasai Distrik Kmurkek itu tidak benar,” jelas Daniel.

KKB yang masih bersarang di wilayah Maybrat hingga Bintuni Papua Barat masih menebar teror terhadap warga sipil dan aparat keamanan. Polisi telah menyebar identitas sejumlah anggota KKB yang masuk daftar pencarian orang (DPO) dalam rangkaian serangan terhadap pos militer maupun warga sipil pekerja jalan.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Pikiran-Rakyat.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *