Tahun Baru, Pemprov Bali Proyeksi Turis Lokal Tembus 20 Ribu per Hari

Dinas Pariwisata Provinsi Bali memperkirakan kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Bali mencapai 19 ribu hingga 20 ribu per hari jelang tahun baru 2022.

“Kalau, keseluruhan sampai 19 ribu dan 20 per hari wisatawan dari semua pintu masuk dari bandara dan pelabuhan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata dari Dinas Pariwisata Bali Ida Ayu Indah kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/12).

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Bali, jumlah wisatawan yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai mencapai 11.825 orang pada 28 Desember 2021. Lalu, jumlah penumpang yang masuk dari Pelabuhan Gilimanuk sebanyak 12.362 orang dan dari Pelabuhan Padangbai sebanyak 923 penumpang pada 28 Desember 2021.

Menurut Ida, kunjungan wisatawan domestik di Bali mulai meningkat tahun ini. Hal ini sejalan dengan pelonggaran PPKM.

“Jadi, kalau untuk wisatawan domestik itu semakin membaik semenjak PPKM itu longgar. Rata-rata 11 ribuan orang datang ke Bali per hari itu di bandara saja, belum di pelabuhan,” jelas Ida.

Sementara, jumlah wisatawan domestik meningkat 50 persen pada Desember 2021 jika dibandingkan dengan September dan Oktober 2021 lalu.

“Sekarang meningkat. Jadi, kami bandingkan saja dari September dengan Oktober 2021 itu ada peningkatan 50 persen dan itu masih PPKM Level 3 dan 4. Kemudian, Oktober sudah semakin longgar PPKM, itu langsung naik 50 persen dari penumpang di Bandara,” katanya.

Kenaikan wisatawan berdampak positif pada tingkat okupansi hotel di Bali. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat okupansi hotel di Pulau Dewata itu naik menjadi 10,57 persen.

“Kalau yang terakhir dari BPS, kami melihat 10,57 persen. Tapi harapannya sampai besok 12 persen,” tutup Indah.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *