Airlangga Proyeksi Ekonomi Tumbuh Maksimal 5 Persen Kuartal IV 2021

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4,5 persen sampai 5 persen pada kuartal IV 2021. Proyeksinya lebih tinggi dari 3,51 persen pada kuartal III 2021.

“Proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal IV antara 4,5 persen sampai 5 persen,” ucap Airlangga di acara Refleksi Capaian 2021 dan Outlook Ekonomi 2022, Kamis (30/12).

Airlangga mengatakan proyeksi ini muncul karena mempertimbangkan sejumlah indikator ekonomi nasional yang mulai membaik. Misalnya, indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menguat dan depresiasi rupiah yang menurun.

Begitu juga dengan neraca perdagangan Indonesia yang masih melanjutkan tren surplus. Tak ketinggalan, pemerintah juga sudah melonggarkan pembatasan mobilitas masyarakat, sehingga berbagai aktivitas bisa dilakukan, termasuk bisnis dan ekonomi.

Pelonggaran kebijakan pembatasan tentunya tak lepas dari jumlah kasus covid-19 yang menurun tajam pada beberapa bulan terakhir usai varian delta meningkat tinggi pada Juni-Agustus 2021.

“Outlook ini dengan penanganan covid-19 yang membaik dari yang sempat 56 ribu kasus dengan kebijakan rem dan gas, angkanya turun ke bawah 200 kasus, meski kita tetap waspada dengan omicron,” tuturnya.

Sementara, tahun depan, ia memperkirakan laju perekonomian nasional bisa mencapai 5,2 persen.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN INDONESIA

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *