Garuda Mendarat Darurat di Kolombo, CEO: Daripada Berisiko

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara angkat bicara soal salah satu pesawat milik perusahaan yang mendarat darurat di Sri Lanka, Kolombo, pada Selasa lalu, 2 April 2019.

Pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Jeddah tipe Airbus 330 Nomor Penerbangan GA 972 yang mendarat darurat di Bandara Internasional Sri Lanka, Kolombo itu mengangkut 338 penumpang.

Atas kejadian ini, Ari Askhara memastikan bahwa pendaratan darurat itu terjadi karena komponen modul cabin pressure controller mengalami malfungsi. “Daripada berisiko, pilot mendaratkan (pesawat Garuda) di Kolombo (Sri Lanka). Asap yang disebut adalah embun yang terjadi dari perbedaan tekanan,” katanya dalam keterangan yang diperoleh dari aplikasi pesan, Rabu, 3 April 2019.

Ari menjelaskan, pesawat pengganti sudah diterbangkan ke Kolombo untuk mengambil penumpang dan melanjutkan penerbangan ke Jeddah, Arab Saudi. “Kami Garuda Indonesia telah memulai campaign Zero Tolerance on Safety sejak 1 Oktober 2018, sehingga sedikit saja sign yang irregular pasti kami setop/return/or landed,” katanya.

Sebelumnya, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menjelaskan bahwa pesawat Garuda harus mendarat darurat karena tekanan udara di dalam kabin berkurang. “Pesawat harus mendarat di Kolombo karena tekanan kabin berkurang,” ucapnya.

Ikhsan menjelaskan bahwa saat ini pesawat pengganti telah diterbangkan menuju Kolombo dari Denpasar pukul 12.30. Sementara itu, penumpang diinapkan di Kolombo selagi menunggu pesawat pengganti.

“Untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang, pilot memutuskan mendarat di Kolombo dan ganti pesawat. Semua penumpang aman dan akan melanjutkan perjalanan ke Jeddah,” kata Ikhsan.

Pesawat berbadan besar tersebut membawa total 338 penumpang. Pihak Bandara Kolombo sempat menyiapkan truk pemadam kebakaran dan ambulans menjelang pendaratan darurat pesawat Garuda tersebut. Saat ini masih dilakukan investigasi terkait insiden tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Medcom.id

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *