HUT Kim Jong-il, Korut Gelar Festival Bunga

Korea Utara (Korut) tampak berbeda dalam dua hari terakhir. Perbedaan mencolok ini karena adanya festival bunga Kimjongilia untuk memperingati hari ulang tahun Kim Jong-il, ayah dari Kim Jong-un.

Sejumlah perwakilan negara sahabat Korut pun turut hadir dalam acara peringatan ini, seperti perwakilan dari militer Tiongkok dan Rusia, serta atase pertahanan dari Iran dan Kuba.

“Pameran bunga Kimjongilia adalah bukti cinta dan pengabdian tak terbatas dari rakyat ke Kim Jong-il,” tulis pesan dari perwakilan Rusia.

Sebanyak 30.229 bunga ditata dengan latar belakang Gunung Paektu -tempat kelahiran Kim Jong-il-, dan dihiasi pula oleh bendera Partai Pekerja Korea.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat 15 Februari 2019, untuk pertama kalinya Presiden Nigeria turut menyumbangkan bunga untuk ditaruh di festival tersebut. Pada festival sebelumnya, diketahui Suriah, Laos dan Palestina juga menyumbangkan bunga.

Kim Jong-il lahir pada 16 Februari 1942, di sebuah kamp rahasia di Gunung Paektu. Gunung tersebut kini menjadi tempat spiritual rakyat Pyongyang di mana kakek Kim Jong-un, sekaligus pendiri Korut, Kim Il-sung, saat itu sedang berperang melawan Jepang.

Kimjongilia sendiri merupakan bunga jenis begonia berbiji besar yang dikembangbiakkan oleh seorang ahli botani asal Jepang. Kim Il-sung sendiri memiliki bunga yang dinamai Kimilsungia yang menurut catatan Korut, nama tersebut diberikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.

 

 

 

 

Sumber : .medcom.id
Gambar : Evening Standard

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *