‘Wonderful Indonesia’ Sukses Tingkatkan Antusiasme Pariwisata RI-Iran

Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Kota Ternate, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Teheran, Iran menggelar malam promosi pariwisata Indonesia bertajuk “Wonderful Indonesia Tourism Promotion”.

Bertempat di Hotel Evin, Teheran pada Selasa (12/2), acara ini dihadiri oleh para pelaku usaha biro perjalanan, penerbangan, hotel dan media. Juga hadir para pejabat tinggi instansi terkait Iran, di antaranya dari Kementerian Luar Negeri, Islamic Culture and Relations Organization (ICRO) dan Iran Cultural Heritage, Handcraft and Tourism Organization (ICHTO). Dirjen Kerjasama Budaya ICRO, Muhammad Ali Kiani, menjadi wakil Pemerintah Iran dalam memberikan kata sambutan di malam tersebut.

Dalam membuka acara, Dubes RI untuk Iran, Octavino Alimudin menyampaikan ucapan selamat atas peringatan 40 tahun kemenangan Revolusi Islam Iran. Lebih lanjut disampaikan bahwa Indonesia sebagai negara sahabat Iran sekaligus sebagai negara muslim terbesar di dunia telah menjalin hubungan kerja sama RI-Iran sejak lama. Kedua negara sepakat untuk lebih meningkatkan dan memperluas kerjasama, di antaranya kerjasama di bidang pariwisata.

KBRI Teheran secara konsisten terus melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kunjungan wisatawan Iran ke Indonesia. Jumlah wisatawan Iran ke Indonesia mengalami peningkatan sebesar 57,5 % dari tahun 2016 ke 2017. Adapun jumlah wisatawan Iran ke Indonesia pada tahun 2018 mencapai 11.555 orang, membuat jumlah wisatawan Iran ke Indonesia menempati urutan pertama untuk kawasan Asia Tengah.

KBRI Teheran dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (15/2/2019) menyatakan bahwa selain mengadakan malam promosi wisata dan budaya, KBRI Teheran juga menyelenggarakan Familiarization trip (famtrip) setiap tahunnya. Tahun 2018, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah, KBRI Teheran mengundang 7 jurnalis dari 6 media Iran untuk berkunjung ke Jakarta, Sabang dan Bali guna menyaksikan langsung dan meliput destinasi wisata, budaya dan kuliner, termasuk peliputan langsung pembukaan Asian Paragames 2018. Adanya kemiripan budaya dan sejarah antara Indonesia dan Iran, peluang kerjasama di wisata halal dan industri kreatif juga dapat dikembangkan kedua Negara.

“Diharapkan melalui pertemuan ini terjadi kontrak bisnis, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan Iran ke Indonesia,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran II, Regional III, Kementerian Pariwisata RI, Komang Mahawira, yang juga menjadi narasumber dalam malam promosi tersebut.

Narasumber lain yang hadir adalah Kepala Dinas dan Cagar Budaya Pemerintah Kota Ternate, Rinto Taib, yang menjelaskan seputar wisata di Ternate, termasuk beberapa kemiripan budaya Persia dan Ternate sebagai hasil hubungan dagang ribuan tahun yang lalu.

Untuk memberikan pengalaman “Wonderful Indonesia” secara utuh, acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Piring, Glipang dan Tor Tor, serta penyajian kuliner Indonesia, termasuk kopi Indonesia, yang disambut antusiasme tinggi tamu undangan.

 

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *