Partai Buruh dan Serikat Petani Demo Hari Tani di Patung Kuda

Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia (SPI) menggelar demonstrasi dalam rangka memperingati ‘Hari Tani’ pada Senin (25/9) ini. Aksi rencananya digelar di dua titik, yakni Istana Negara atau Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Kantor Bulog.

Pantauan CNNIndonesia.com pukul 10.20 WIB, massa membawa tiga mobil komando berwarna oranye, putih biru, dan hijau hitam. Mobil tersebut terparkir di depan gerbang Monumen Nasional (Monas), di sebelah kiri Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Massa dari dua kelompok belum tampak terlalu ramai. Lalu lintas di sekitar Patung Kuda menuju Jalan Merdeka Selatan, Jalan Budi Kemuliaan, dan MH Thamrin juga tampak lancar meski agak ramai.

Berdasarkan poster yang beredar, akan ada ribuan buruh dan petani untuk menyatakan enam tuntutan di dua lokasi aksi. Di antaranya, mencabut omnibus law Undang-undang (UU) Cipta Kerja dan meminta pemerintah menurunkan harga beras, telur, dan sembako.

Kemudian, mereka juga akan menyuarakan soal reforma agraria dan kedaulatan pangan redistribusi tanah untuk petani 9 juta hektare.

Selain itu, Partai Buruh dan SPI juga meminta pemerintah menaikkan upah minimum 2024 sebesar 15 persen dan jaminan sosial semesta sepanjang hayat. Juru Bicara Partai Buruh Kahar S Cahyono, agenda tersebut akan dihadiri Said Iqbal.

“Rencananya ke Istana dan Gedung MK terlebih dahulu,” ujar Kahar kepada CNNIndonesia.com.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : inilah.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *