Singapura Larang Warga Belum Divaksin Covid-19 Keluyuran

Kementerian Kesehatan Singapura mengimbau penduduk yang belum merampungkan vaksinasi corona berdiam diri di rumah, menyusul lonjakan infeksi Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Singapura melaporkan 88 kasus corona baru dalam sehari pada Minggu (18/7), jumlah tertinggi sejak Agustus 2020. Sebagian besar kasus Covid-19 baru itu disebut terkait dengan bar karaoke dan pelabuhan perikanan.

Meski jumlah kasus harian Singapura itu jauh lebih sedikit dibandingkan beberapa negara tetangganya di Asia Tenggara, peningkatan infeksi corona itu menjadi kemunduran negara kota yang berencana menjadikan Covid-19 sebagai penyakit endemik seperti flu biasa tersebut.

Sebagai pencegahan penyebaran gelombang baru corona, pemerintah Singapura menutup pasar ikan segar dan makanan laut dan melakukan tes Covid-19 terhadap seluruh pedagang.

“Kami khawatir masih ada rantai transmisi samar yang mungkin bisa terus menyebar dalam komunitas kami. Sifat rentan dari pasar basah membuat pelacakan kontak dan isolasi menjadi cukup sulit,” kata Kementerian Kesehatan Singapura melalui pernyataan pada Minggu malam.

Lonjakan penularan Covid-19 juga membuat pemerintah Singapura kembali memperketat sejumlah pembatasan pergerakan seperti pertemuan sosial mulai Senin (19/7). Padahal, pemerintah baru saja melonggarkan pembatasan pergerakan bagi warga yang sudah divaksin pada pekan lalu.

Sejauh ini, sekitar 73 persen dari total 5,7 juta penduduk Singapura telah menerima dosis pertama Covid-19. Sementara itu, sebanyak 2,61 juta warga atau 45,7 persen dari total populasi Singapura telah merampungkan dua dosis vaksin Covid-19.

Pemerintahan Perdana Menteri Lee Hsien Loong mendesak warga lansia yang belum divaksinasi segera merampungkan imunisasi.

Melansir Reuters, sejauh ini baru 71 persen penduduk di atas 70 tahun di negara itu yang melakukan vaksinasi.

Singapura menjadi salah satu negara yang berhasil mengendalikan penyebaran corona sejak awal pandemi. Sampai saat ini, Singapura total memiliki 63.073 kasus corona dengan 36 kematian.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *