Yuan Bingyan Didenda Rp6 Miliar Imbas Penggelapan Pajak

Aktris China Yuan Bingyan didenda hampir 3 juta yuan atau sekitar Rp6,3 miliar (1 yuan=Rp2.107,74) oleh otoritas pajak di Chongqing karena diduga melakukan penggelapan pajak.

Denda diberikan kepada bintang drama Love and Redemption itu atas penghindaran pajak dan tunggakan pembayaran pajak. Tak hanya aktris 31 tahun tersebut, Chongqing Liyan Culture Media Co juga secara terpisah diperintahkan bayar denda.

Administrasi Perpajakan Negara, seperti diberitakan The Strait Times pada Selasa (19/8), mewajibkan perusahaan artis itu bayar denda 1,32 juta yuan atas pajak yang belum dibayar dan denda lainnya. Semua denda itu pun sudah dibayar.

Hal tersebut terjadi setelah tahun lalu otoritas perpajakan juga mendenda 978 ribu yuan kepada Chongqing Liyan Culture Media Co karena pelanggaran perpajakan.

Mencurigai penipuan pajak, otoritas pajak setempat mengingatkan Yuan Bingyan, yang memegang saham pengendali di perusahaan tersebut, tentang keraguan mereka dan mendesaknya memperbaiki situasi tersebut.

Namun, Yuan gagal melaporkan sepenuhnya kesalahannya, sehingga pihak berwenang melakukan penyelidikan formal. Hasilnya, Yuan tidak menyatakan sebagian dari pendapatannya, dan secara ilegal menyatakan pengeluaran pribadinya sebagai pengeluaran perusahaan.

Praktik tersebut, berdasarkan pernyataan resmi, jadi mengurangi jumlah pajak pribadi dan perusahaan. Sehingga, otoritas perpajakan pun berjanji meningkatkan pengawasan terhadap pelaku industri hiburan

“Mengusut secara tegas dan menghukum pelanggaran terkait perpajakan sesuai dengan undang-undang, senantiasa meningkatkan kepatuhan hukum perpajakan bagi pegawai dan badan usaha di lapangan, serta menciptakan keadilan (sistem) pajak,” katanya.

Yuan Bingyan dikenal lewat perannya sebagai Zhu Xuanji dalam Love and Redemption dan Mo Shanshan dalam Ever Night. Sementara itu, ia juga memiliki empat drama yang belum tayang, yakni The Emperor’s Love, Love Never Fails, Thunder Chaser, dan Young Shield.

Selain Yuan Bingyan, ada juga penyiar Wu Chuan yang didenda 13,6 juta yuan atau sekitar Rp28,6 miliar karena menghindari pajak penghasilan pribadi 8,27 juta yuan antara 2018-2021 dengan menyembunyikan pendapatan atau memalsukannya.

Tak hanya itu, ia juga menolak penyelidikan sehingga sosok yang dikenal sebagai Soul Knife God di platform Douyu itu harus menjalani pemeriksaan penuh.

Kedua sosok tersebut bukan jadi yang pertama dari hiburan China didenda akibat penggelapan pajak. Pada 2018, aktor ternama Fan Bingbing didenda 800 juta yuan karena menghindari pajak pribadi dan perusahaan hingga 255 juta yuan.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *