Daftar 4 Tim Negara ASEAN Lolos Piala Asia U-23 2024

Sebanyak empat tim negara ASEAN berhasil lolos ke Piala Asia U-23 2024. Indonesia jadi salah satu wakil Asia Tenggara yang berhak terbang ke Qatar.

Vietnam jadi negara pertama asal ASEAN yang memastikan lolos ke putaran final usai finis sebagai juara Grup C di babak kualifikasi.

The Golden Warrior U-23 jadi tim terbaik usai mengalahkan Guam (6-0) dan Yemen (1-0), serta bermain imbang 2-2 lawan Singapura.

Sanjung Timnas Indonesia U-23, Pelatih Turkmenistan Kecam Wasit
Hasil itu membuat Vietnam berhak menempati puncak klasemen akhir Grup C dengan koleksi tujuh poin. Sementara runner up dihuni Yemen yang mengemas enam angka.

Timnas Indonesia U-23 juga sukses mengikuti jejak manis Vietnam di babak kualifikasi. Bertanding di Grup K, Indonesia finis sebagai juara grup usai menyapu bersih dua pertandingan dengan kemenangan.

Indonesia mengawali performa impresif mereka dengan menggasak Taiwan 9-0 di laga perdana. Kemudian giliran Turkmenistan yang ditekuk Indonesia dengan skor 0-2 di laga penentu.

Hasil ini membuat Indonesia lolos otomatis ke Piala Asia U-23 2024 dengan status juara Grup K. Sementara Turkmenistan harus puas finis sebagai runner up setelah hanya mengemas tiga poin atau tertinggal tiga angka dari Indonesia.

Persaingan ketat terjadi di Grup H di mana tiga tim ASEAN harus saling jegal. Thailand, Malaysia, dan Filipina tergabung satu grup bersama Bangladesh.

Thailand finis sebagai juara grup usai mengalahkan Malaysia di laga terakhir. Hasil ini membuat Thailand lolos otomatis ke Piala Asia U-23 2024.

Malaysia juga berhak lolos ke putaran final lewat jalur runner up terbaik. Harimau Malaya menempati posisi keempat klasemen runner up mengungguli Iran.

Daftar 4 Tim Negara ASEAN di Piala Asia U-23 2024:
1. Vietnam
2. Indonesia
3. Thailand
4. Malaysia

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *