AS dan China Bikin Harga Minyak Redup Setelah Reli 7 Pekan

Harga minyak mentah dunia di buka melemah pada pembukaan perdagangan Senin (14/8/2023) karena dolar Amerika Serikat (AS) lebih kuat dan kekhawatiran permintaan China melemah.

Harga minyak mentah WTI di buka melemah 0,12% di posisi US$83,09 per barel, begitu juga dengan harga minyak mentah brent di buka turun 0,32% ke posisi US$86,53 per barel.

Pada perdagangan Jumat (11/8/2023), minyak WTI di tutup menguat 0,45% ke posisi US$83,19 per barel, begitu juga dengan minyak brent melesat 0,47% ke posisi US$86,81 per barel.

Harga minyak melemah pada hari awal perdagangan Senin setelah kenaikan tujuh minggu berturut-turut yang didukung oleh pengetatan pasokan pada pengurangan produksi OPEC+, karena kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi China yang goyah dan dolar yang lebih kuat masih membebani.

Harga tergelincir karena indeks dolar AS memperpanjang kenaikan pada hari Senin setelah kenaikan harga produsen AS yang sedikit lebih besar pada bulan Juli mengangkat imbal hasil Treasury meskipun ekspektasi bahwa Federal Reserve berada di akhir kenaikan suku bunga.

Minyak mungkin akan berlanjut melemah pada minggu ini karena pemulihan ekonomi China yang lamban dan dolar AS yang lebih kuat dapat menekan harga, tetapi OPEC+ akan melakukan apa pun untuk menjaga pasokan tetap ketat dan menstabilkan pasar.

Pemotongan pasokan oleh Arab Saudi dan Rusia, bagian dari aliansi antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, atau OPEC+, diperkirakan akan mengikis persediaan minyak di sisa tahun ini, berpotensi mendorong harga lebih tinggi lagi, Badan Energi Internasional mengatakan dalam laporan bulanannya pada hari Jumat.

Mencerminkan pengetatan pasokan, selisih harga antara bulan pertama dan kedua Brent tetap stabil pada hari Senin setelah menetap di 67 sen pada hari Jumat, terlebar sejak LCOc1-LCOc2 Maret.

Sebuah kapal perang Rusia melepaskan tembakan peringatan ke sebuah kapal kargo di Laut Hitam pada hari Minggu, meningkatkan ketegangan di area utama untuk ekspor komoditas dari Ukraina dan Rusia.

“Meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina telah meningkatkan prospek gangguan perdagangan di Laut Hitam,” ungkap analis ANZ dalam sebuah catatan, bahwa Laut Hitam menangani sekitar 15%-20% minyak yang dijual Rusia.

Di AS, jumlah rig minyak yang beroperasi tetap stabil di 525 pada minggu lalu, setelah jatuh selama delapan minggu berturut-turut, menurut laporan mingguan Baker Hughes.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *