Mantap! Penerbangan Langsung Ho Chi Minh City-Jakarta Perkuat Hubungan RI-Vietnam

Penerbangan langsung perdana pesawat maskapai Vietjet dari Ho Chi Minh City, Vietnam, mendarat dengan aman di Jakarta pada Sabtu, 5 Agustus lalu. Penerbangan langsung Ho Chi Minh-Jakarta dengan Vietjet ini dapat ditempuh dalam waktu tiga jam dengan menggunakan Airbus A320.

Penerbangan dua arah HCMC-Jakarta dijadwalkan berlangsung pada setiap harinya. Selain Jakarta, Vietjet, juga telah membuka penerbangan langsung dari Ho Chi Minh City-Bali (Denpasar) sejak 2022.

Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 7 Agustus 2023, peluncuran penerbangan perdana maskapai Vietjet dari Ho Chi Minh-Jakarta dihadiri oleh Konsul Jenderal Indonesia di Ho Chi Minh, Agustaviano Sofjan. Dalam penerbangan perdana ini, pesawat diawaki oleh Kapten Didi Adityawarman, salah satu pilot Indonesia terlama yang bekerja di Vietjet.

Dengan adanya penerbangan langsung Ho Chi Minh City-Jakarta, tentunya akan memberikan kemudahan baik bagi mobilitas orang sekaligus meningkatkan konektivitas kedua negara.

Menurut data Kemenparekraf RI, dari total 5,4 juta turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tahun 2022, jumlah turis Vietnam mencapai 62190. Menurut data yang disampaikan di situs Agoda, Indonesia merupakan salah satu tujuan destinasi warga Vietnam selama liburan Tet tahun 2023 ini.

Selain itu, permohonan visa kunjungan bisnis juga semakin banyak diterima di Perwakilan RI di Vietnam. Pasar menjanjikan ini tentunya telah mendorong maskapai Vietjet untuk menambah rute penerbangan langsung dari Ho Chi Minh ke Jakarta.

Pembukaan rute langsung Vietjet dari Ho Chi Minh City ke Jakarta, setelah adanya penerbangan langsung sebelumnya yakni Vietnam Airlines dan Air Asia Indonesia, menandai semakin meningkatnya konektivitas dan memberikan pilihan serta alternatif bagi konsumen.

Peningkatan konektivitas ini diharapkan dapat membuka semakin banyak peluang kerja sama Indonesia dan Vietnam. Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan peningkatan promosi mengenai destinasi wisata yang bisa dikunjungi turis asal Vietnam, sebagaimana disampaikan dalam penyataan tertulis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutan tertulis pada Vietnam International Travel Mart 2023 di Hanoi pada April 2023 yang lalu.

Peluang sektor penerbangan dan pariwisata ini juga dapat dimanfaatkan untuk promosi di bidang bisnis, perdagangan dan investasi bagi Indonesia-Vietnam.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Kemlu

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *