Korsel Umumkan Rencana Evakuasi Peserta Jambore Internasional Jelang Dihantam Topan Khanun

Wakil Menteri Bencana dan Manajemen Bencana Korea Selatan (Korsel) Kim Sung-ho menyampaikan rencana evakuasi seluruh peserta Jambore Dunia di Saemangeum. Rencana ini sesuai dengan arahan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol, terkait dengan potensi diterjang Topan Khanun.

Dalam pembaruan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan (MOIS), Kim mengatakan, evakuasi akan dimulai pada 8 Agustus besok.

“Evakuasi akan dimulai besok pada pukul 10.00 pagi kepada 36 ribu peserta dari 156 negara,” demikian pemberitahuan KBRI Seoul yang diterima Medcom.id, Senin, 7 Agustus 2023.

“Pemerintah Korea akan menyediakan bus sekitar 1.000 unit yang dibagi tiap-tiap negara. Penerjemah juga akan disediakan di setiap bus,” lanjut mereka.

Selain itu, untuk menjamin kelancaran dan ketertiban, proses evakuasi akan dibantu oleh polisi, pemadam kebakaran dan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korsel.

Terkait dengan akomodasi, KBRI Seoul mencatat, pemerintah pusat Korea Selatan bersama dengan pemerintah daerah, akan mempersiapkan fasilitas pemerintah dan swasta yang tidak terdampak topan sebagai tempat akomodasi para peserta yang layak dan nyaman.

“Rencana evakuasi ini akan dibahas bersama para Gubernur dan Walikota yang dipimpin oleh Perdana Menteri Korea pada pukul 18:00 waktu Korea hari ini,” lanjut poin KBRI Seoul.

“Pemerintah Korea juga akan membahas berbagai kegiatan Jambore hingga akhir program 25th World Scout Jamboree,” pungkas mereka.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *