Telepon Jokowi, Trump Sampaikan Duka atas Gempa Palu-Donggala

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menelepon Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan belasungkawa atas gempa 7,4 skala Richter di Donggala yang memicu tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, pekan lalu.

“Hari ini, Presiden Donald J. Trump berbicara dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Presiden menyampaikan belasungkawa atas gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, Indonesia, pada tanggal 28 September 2018,” demikian pernyataan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Rabu (2/10).

Dalam pembicaraan tersebut, Trump juga menyampaikan dukungan bagi Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi bencana yang sudah merenggut 1.234 nyawa tersebut.

“Presiden menawarkan untuk memberikan bantuan segera dan siap bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk mengidentifikasi bantuan tambahan dari Amerika Serikat sebagai upaya dukungan terbaik,” tulis Kedubes AS.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Wiranto, menyebutkan bahwa Amerika Serikat siap meminjamkan pesawat Lockheed Martin C-130 Hercules kepada Indonesia untuk membantu penanganan gempa.

“Kami terbatas jadi banyak negara sumbang. Singapura 2-3 pesawat, Malaysia, Korea, India juga. Amerika Serikat juga,” kata Wiranto di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/10).

Sejak kemarin, Wiranto menyatakan pesawat C-130 menjadi salah satu kebutuhan karena hanya jenis itu yang bisa mendarat di kondisi landasan pascagempa.

Menurut Wiranto, pesawat akan sangat membantu untuk memasok kebutuhan korban seperti membawa makanan dari Balikpapan sehingga roda kehidupan mulai pulih dan masyarakat bisa tenang.

“Pesawat C-130 sudah kira-kira hampir 10 pesawat yang akan diperbantukan ke Angkatan Udara masuk dari Jakarta, Balikpapan, dan Makassar,” tutur mantan Panglima ABRI ini.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : LINE Today

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *