Jokowi Undang Biden ke KTT ASEAN September Mendatang

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden Amerika Serikat Joe Biden datang ke konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN pada 5-7 September mendatang.

Jokowi telah melayangkan undangan kepada Biden untuk hadir dalam KTT ASEAN nanti. Namun, sampai saat ini belum ada jawaban dari pihak Biden soal undangan tersebut.

“Semuanya masih proses, konfirmasinya masih proses,” kata Jokowi di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Selasa (8/8).

Jokowi mengatakan saat ini persiapan menggelar pertemuan puncak ASEAN sudah mulai berjalan. Meski begitu, dia belum bisa membeberkan siapa saja kepala negara yang akan hadir dalam pertemuan itu, termasuk para pemimpin negara di luar ASEAN yang ikut diundang.

“Sampai saat ini, masih terus berproses,” ucapnya.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-43 pada 5-7 September mendatang.

Hal ini dikarenakan RI menjadi ketua negara-negara Asia Tenggara tersebut setelah sebelumnya dipimpin oleh Kamboja.

Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri merupakan yang kesekian setelah RI pernah terpilih di jabatan yang sama pada 1976, 1996, 2003, dan 2011.

Selama menjadi ketua ASEAN, Indonesia mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” guna menunjukkan relevansi hingga sentralitas ASEAN baik di kawasan maupun di dunia.

Setidaknya sejumlah negara bakal hadir dalam KTT ini, antara lain China, Korea Selatan, Jepang, Australia, Selandia Baru, serta negara-negara Asia Tenggara.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *