Menlu AS Temui MbS, Bicara HAM sampai Normalisasi Saudi-Israel

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berkunjung ke Arab Saudi untuk membahas kerja sama kedua negara, harga minyak, hingga normalisasi Kerajaan dengan Israel.

Blinken tiba di Saudi pada Selasa (6/6) malam waktu setempat. Di lawatan ini, ia akan bertemu dengan Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Mohammed bin Salman (MbS).

Menurut laporan Reuters, tujuan lawatan Blinken yakni mempengaruhi harga minyak, menangkal pengaruh China dan Rusia di Timur Tengah, menyinggung normalisasi Israel-Saudi, hingga hak asasi manusia.

Sebelum berkunjung ke Saudi, Blinken bertemu dengan kelompok lobi pro-Israel, Komite Urusan Publik Israel Amerika, pada Senin.

Saat itu, Blinken mengatakan AS memiliki “kepentingan keamanan nasional yang nyata” dalam mengadvokasi normalisasi hubungan Israel-Saudi.

Namun, dia juga memperingatkan proses normalisasi tersebut akan berlangsung lama.

AS selama ini memang membantu Israel menormalisasi hubungan dengan sejumlah negara Arab dan mayoritas Muslim. Saudi sebetulnya menunjukkan tanda-tanda bersedia rujuk dengan Israel, jika mendapat jaminan keamanan dari Negeri Paman Sam.

Saudi juga dilaporkan meminta AS membantu mengembangkan program nuklir sipil dan mengurangi pembatasan penjualan senjata Washington ke Riyadh.

Namun, terlepas dari isu normalisasi Israel-Saudi, Richard Goldberg, pengamat dari lembaga pemikir di Washington, Yayasan Pertahanan Demokrasi (FDD), menilai tujuan utama lawatan Blinken ke negara Timur Tengah itu untuk mencegah Saudi dan China kian mesra.

“[Blinken] harus menjelaskan alasan kepentingan China tak sejalan dengan Arab Saudi, dan mengapa hubungan yang lebih dekat secara strategis menghambat hubungan yang lebih dekat dengan Washington,” ujar Goldberg.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Berita Baru

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *