Lawan Trump, DeSantis Umumkan Calonkan Diri Maju Pemilihan Presiden AS 2024

Gubernur Florida Ron DeSantis mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Republik pada 2024. Ia akan menyiapkan ‘pertikaian’ dengan mantan sekutunya, mantan Presiden Donald Trump, yang akan mengguncang perebutan Gedung Putih.

DeSantis membuat pengumuman dalam sebuah video menjelang wawancara audio di Twitter dengan CEO-nya, Elon Musk.

“Kami membutuhkan keberanian untuk memimpin dan kekuatan untuk menang,” kata DeSantis, dikutip dari CNBC, Kamis, 25 Mei 2023.

“Saya Ron DeSantis, dan saya mencalonkan diri sebagai presiden untuk memimpin kembalinya Amerika kita yang hebat,” sambungnya.

Acara tersebut dilanda masalah teknis yang menghalangi pendengar untuk mendengarkan DeSantis, awal yang tidak menguntungkan untuk kampanye yang didasarkan pada kompetensi eksekutif gubernur.

Dengan profil nasional yang meningkat dan diharapkan menjadi sumber keuangan yang dalam, DeSantis (44) segera menjadi saingan terbesar Trump untuk nominasi Partai Republik.

Tetapi jajak pendapat menunjukkan Trump memiliki keunggulan lebih dari 2 banding 1 atas gubernur Florida itu, yang telah lama dianggap sebagai bintang Republik yang sedang naik daun dan pembawa generasi pemimpin baru di partai.

Trump, yang mengumumkan pencalonannya pada November, juga telah memulai lebih awal dalam mengatur kampanyenya di negara bagian utama yang memberikan suara lebih awal.

Pendukung dan donor akan sangat memperhatikan apakah DeSantis sekarang melakukan perlawanan terhadap Trump. Pasalnya, mantan presiden itu telah menyerangnya tanpa henti dengan sedikit reaksi, yang membuat frustrasi beberapa sekutu DeSantis yang ingin dia merespons dengan lebih kuat.

Musk, CEO Tesla dan Twitter dengan 140 juta pengikut Twitter, mengatakan sebelumnya bahwa kehadirannya di acara Rabu kemarin bukan merupakan dukungan, tetapi akan mencerminkan keinginannya untuk menjadikan layanan ini lebih terbuka untuk masyarakat.

DeSantis pada hari Rabu juga diharapkan mengadakan pertemuan dengan para donatur utamanya di sebuah hotel di Miami, di mana mereka akan segera meluncurkan upaya penggalangan dananya.

Argumen utama DeSantis untuk pencalonannya kemungkinan besar adalah bahwa dialah satu-satunya Republikan yang dapat mengalahkan Presiden Demokrat Joe Biden, pemenang atas Trump dalam pemilu 2020.

Partai Republik arus utama akan mengawasi DeSantis dengan hati-hati untuk melihat apakah dia dapat pulih dari kesalahan langkahnya dalam kebijakan luar negeri, seperti keengganan awalnya untuk menyatakan dukungan pada Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.

Dalam minggu-minggu menjelang pencalonannya sebagai presiden, DeSantis telah berkeliling negara. Ia mengunjungi negara bagian seperti Iowa dan New Hampshire yang akan mengadakan kontes pencalonan lebih awal.

Dia membanggakan rekornya sebagai gubernur Florida, termasuk pertarungannya dengan pemerintah federal atas kebijakan pandemi.

DeSantis dan penasihatnya bertekad menunggu untuk mengikuti perlombaan sampai Badan Legislatif Florida dapat memberinya serangkaian kemenangan kebijakan – dan anggota parlemen telah melakukan hal itu.

Dia juga menandatangani langkah-langkah yang sangat membatasi aborsi di negara bagian, mempermudah penduduk untuk membawa senjata tersembunyi, memperluas program voucher untuk memungkinkan siswa masuk sekolah swasta, dan menghapus dana untuk program keragaman di universitas negeri.

Sementara itu, kandidat Partai Republik lainnya termasuk Nikki Haley, mantan duta besar AS untuk PBB, dan Tim Scott, seorang senator AS dari South Carolina.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *