Data Ketenagakerjaan AS Terbangkan Harga Minyak Dunia

Harga minyak naik lebih dari 2 persen pada Senin (8/5) sore waktu AS.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah Brent ditutup naik US$1,71, atau 2,3 persen ke US$77,01. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS juga naik US$1,82, atau 2,6 persen ke US$73,16.

Analis menyebut kenaikan harga minyak ditopang oleh meredanya kekhawatiran pasar atas potensi resesi ekonomi yang menimpa AS. Hal itu terjadi setelah data penciptaan lapangan pekerjaan pada Jumat (5/5) lalu baik.

Kenaikan juga dipicu rebound atas kejatuhan harga minyak belakangan ini. Seperti diketahui harga minyak Brent penurunan sekitar 5,3 minggu lalu.

Sementara minyak mentah AS anjlok 7,1 persen. Kedua tolok ukur tersebut turun selama tiga minggu berturut-turut untuk pertama kalinya sejak November.

“Rebound minyak (pada hari Senin) mengikuti kembalinya saham-saham energi di Wall Street Jumat lalu setelah AS melaporkan data pekerjaan yang kuat, yang meredakan kekhawatiran tentang resesi ekonomi yang akan segera terjadi,” kata analis CMC Markets Tina Teng.

Meski demikian, minyak masih mendapatkan tekanan dari kekhawatiran pasar atas krisis perbankan yang melanda AS belakangan ini.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *