Putin Terima Menhan Tiongkok, Tegaskan Peningkatkan Kerja Sama Teknologi Militer

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Menteri Pertahanan (Menhan) Tiongkok Li Shangfu di Moskow pada Minggu, 16 April 2023. Kedua pejabat itu memuji kerja sama militer antara kedua negara yang telah bersepakat untuk menjadi mitra “tanpa batas”.

Rekaman video memperlihatkan Putin berjabat tangan dengan Li. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu juga hadir dalam kesempatan tersebut.

“Kami bekerja secara aktif melalui departemen militer kami, secara teratur bertukar informasi yang bermanfaat. Kami bekerja sama di bidang kerja sama teknologi militer, dan mengadakan latihan bersama,” kata Putin, dikutip dari Asia One, Senin, 17 April 2023.

Latihan tersebut, tambahnya, diadakan di Asia serta Eropa dengan melibatkan pasukan darat, laut, dan udara.

Selama pertemuan dengan Putin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada hari Minggu, Li memuji hubungan dengan Moskow, dengan mengatakan mereka “melampaui aliansi militer-politik era Perang Dingin”.

“Dalam waktu terakhir, kerja sama antara Rusia dan Tiongkok di bidang militer dan teknologi militer telah berkembang sangat baik,” kata Li kepada Putin.

Li mengatakan hal tersebut membantu meningkatkan keamanan regional.

Latihan di Pasifik melibatkan lebih dari 25.000 personel militer Rusia, 167 kapal perang dan kapal pendukung, termasuk 12 kapal selam serta 89 pesawat dan helikopter, kata Shoigu.

“Tahap pertama inspeksi mendadak ini memang dilakukan pada tingkat yang sangat tinggi,” kata Putin dalam pertemuan televisi dengan Shoigu.

“Hari ini kami memiliki prioritas yang jelas untuk penggunaan angkatan bersenjata dan, di atas segalanya, ini menyangkut arah Ukraina dan segala sesuatu yang berkaitan dengan melindungi rakyat kami di Donbas di timur Ukraina,” kata Putin.

Baik Rusia dan Tiongkok telah menyatakan “keprihatinan” atas kehadiran NATO yang semakin meningkat di kawasan Asia-Pasifik.

Sebelumnya, bulan lalu, Presiden Tiongkok Xi Jinping juga bertemu Putin di Moskow.

Diketahui Rusia dan Tiongkok sepakat untuk memperkuat hubungan ekonomi, politik, dan militer mereka sejak Moskow melakukan invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Pejabat Ukraina mengatakan pasukan Kyiv menemukan banyak komponen Tiongkok dalam senjata Rusia yang digunakan di Ukraina. Namun, Tiongkok telah berulang kali membantah mengirimkan peralatan militer ke Rusia.

NATO dan Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka belum melihat tanda-tanda bahwa Beijing sedang memasok senjata ke Moskow.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *