Harga Emas Hari Ini Berdetak Lebih Tinggi Terdorong Reli Dolar

Harga logam mulia mendapatkan kembali kekuatannya setelah turun hampir 2 persen di sesi sebelumnya karena reli dolar mereda. Meski setiap kenaikan harga emas hari ini ke depannya diprediksi akan terbatasi langkah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menandakan lebih banyak kenaikan suku bunga.

Melansir laman CNBC, Kamis (9/3/2023), harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi USD 1.819,57 per ons, setelah mencapai level terendah sejak 28 Februari di USD 1.809,27. Adapun harga emas berjangka AS menguat 0,2 persen menjadi USD 1.823,50.

Dolar kembali melemah dari posisi tertinggi multi-bulan, membuat emas lebih murah untuk pembeli luar negeri.

“Emas dapat reli lebih banyak pada data dovish apa pun daripada yang bisa jatuh pada data hawkish yang menegaskan kembali komentar Powell,” kata Nicky Shiels, Kepala Strategi Logam di MKS PAMP SA.

The Fed kemungkinan akan perlu menaikkan suku bunga lebih dari yang diharapkan sebagai tanggapan atas data kuat baru-baru ini.

Lembaga ini juga bersiap untuk bergerak dalam langkah yang lebih besar jika “totalitas” informasi yang masuk menunjukkan tindakan yang lebih keras diperlukan untuk mengendalikan inflasi, kata Powell pada hari pertama. kesaksiannya selama dua hari di depan Kongres.

Harga emas turun hampir 2 persen setelah komentar Powell pada hari Selasa. Dia mengatakan para pejabat belum mengumumkan besarnya kenaikan tarif yang hampir pasti akan mereka sampaikan pada pertemuan mendatang.

“Emas akan diperdagangkan secara defensif, kemungkinan berada di $1.800 hingga FOMC Maret karena Powell menciptakan ketidakpastian atas ukuran dan akhir kenaikan suku bunga,” kata Shiels, menambahkan bahwa Fed mempercepat kenaikan menempatkan batasan jangka pendek pada harga dan sentimen.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas dengan hasil nol.

“Masih ada beberapa risiko yang didorong oleh peristiwa yang perlu diserap pasar emas – Powell hari ini, data pekerjaan pada hari Jumat, CPI pada hari Selasa,” kata Phillip Streible, Kepala Strategi Pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Perak naik 0,1 persen menjadi USD 20,08 per ons, platinum menguat 1,6 persen menjadi $944,21, dan paladium naik 0,7 persen menjadi USD 1.396,53.

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *