Harga Minyak Dunia Susut Dibayangi kekhawatiran Suku Bunga The Fed Melompat Lagi

Harga minyak jatuh pada hari inii dipicu kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga AS yang lebih agresif akan menekan pertumbuhan ekonomi. Penyebab lain mempengaruhi harga minyak dunia terkait permintaan yang dikhawatirkan melebihi penarikan stok minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan.

Melansir laman CNBC, Kamis (9/3/2023), harga minyak hari ini untuk Brent turun USD 74 sen, atau 0,9 persen menjadi USD 82,55 per barel.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS tergelincir 99 sen, atau 1,3 persen menjadi USD 76,59 per barel.

“Harga minyak masih mengalami tekanan ke bawah karena komentar hawkish yang keluar dari Fed yang mengindikasikan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama,” kata Andrew Lipow, Presiden Konsultan Lipow Oil Associates.

Baik Brent dan WTI turun lebih dari 3 persen pada hari Selasa setelah komentar dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell bahwa bank sentral kemungkinan perlu menaikkan suku bunga lebih dari yang diharapkan sebagai tanggapan atas data kuat baru-baru ini.

Dolar yang lebih kuat juga membatasi harga minyak di awal sesi. Komentar Powell telah mendorong dolar AS, yang biasanya diperdagangkan terbalik dengan minyak, mencapai level tertinggi tiga bulan terhadap sekeranjang mata uang.

Laporan menyebutkan penggajian swasta AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Februari, menunjukkan kekuatan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan.

Stok

Stok minyak mentah menarik 1,7 juta barel, dibandingkan dengan perkiraan untuk membangun 395.000. Data American Petroleum Institute (API) pada hari Selasa menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah untuk pertama kalinya setelah kenaikan 10 minggu.

Stok bensin AS turun 1,1 juta barel, menurut laporan dari Administrasi Informasi Energi AS, lebih rendah dari perkiraan 1,8 juta dalam jajak pendapat Reuters, menambah kekhawatiran permintaan. Inventaris sulingan tumbuh sebesar 138.000 barel, dibandingkan dengan ekspektasi penarikan 1 juta barel.

Barclays menurunkan perkiraan Brent 2023 sebesar USD 6 menjadi USD 92 per barel dan untuk WTI sebesar USD 7 menjadi USD 87, “terutama karena pasokan Rusia yang lebih tangguh dari perkiraan,” kata bank tersebut.

″[Kami] mengharapkan pemulihan berkelanjutan dalam permintaan penerbangan sipil di China dan negara-negara tetangga, stabilisasi dalam aktivitas industri dan pertumbuhan pasokan non-OPEC + yang lebih lambat untuk mendorong keseimbangan pasar minyak menjadi defisit akhir tahun ini,” tambah bank tersebut.

Perketat Pasokan

Para menteri dan eksekutif perminyakan terus memperdebatkan pengetatan pasokan pada sebuah konferensi di Houston.

Menteri luar negeri untuk minyak dan gas Angola mengatakan Organisasi Negara Pengekspor Minyak tidak perlu meningkatkan produksi minyak untuk menggantikan 500.000 barel Rusia per hari. memotong.

Sementara itu, sekelompok senator AS bipartisan mengatakan mereka telah memperkenalkan kembali undang-undang untuk menekan OPEC agar berhenti melakukan pengurangan produksi.

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *