Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah di Tanggamus Lampung

Puluhan rumah warga di Kecamatan Pematang Sawa dan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Lampung rusak setelah dihantam angin puting beliung, Senin sore, 30 Januari 2023.

Kepala Pekon Tanjungan, Kecamatan Pematang Sawa, Burjani mengatakan sebanyak 17 rumah di pekonnya terdampak angin puting beliung, dengan perincian 13 rusak ringan dan 4 rusak berat.

Rumah yang mengalami rusak berat milik Suherman, Adi Maryadi, Joko Mandala Putra dan Lamidi (tertimpa pohon duku). Selain itu Joko Mandala Putra mengalami luka di kepala hingga harus mendapatkan enam jahitan karena terkena runtuhan asbes.

Menurut Burjani, pihaknya bersama tim Polres Tanggamus, Camat, BPBD, Polsek dan aparatur pekon langsung mendata kerusakan rumah warganya tersebut.

“Alhamdulillah dari pihak Polres juga hadir, bapak camat dan BPBD, dari polsek, seluruh aparatur Pekon dari dinas sosial sudah datang memeriksa,” ujar Burjani, Selasa, 31 Januari 2023.

Burjani berharap kebijakan dari pihak yang berwajib dan dinas terkait dapat membantu meringankan beban warganya dalam bentuk apapun. “Harapan kami dinas terkait dapat memberikan bantuan apapun bentuknya kepada warga kami sehingga warga dapat lebih ringan,” kata dia.

Berdasarkan data Sat Binmas Polres Tanggamus, puting beliung yang menerjang Pekon Tugu Papak, Kecamatan Semaka menyebabkan satu gedung PSHT Tugupapak tertimpa pohon rusak bagian ujung atap depan dan sekitar 20 rumah warga rusak ringan, bagian atap berupa genting dan asbes terlepas.

Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Iman Sobri mengungkapkan, pihaknya juga mendatangi Pekon Tugupapak Kecamatan Semaka dan mendapatkan laporan dari kepala pekon bahwa di wilayah setempat juga terdampak angin puting beliung.

“Untuk kerusakan di Tugupapak, ada gedung PSHT tertimpa pohon bagian atas depan dalam kategori rusak ringan, juga 20 rumah warga rusak ringan hanya atap terlepas,” kata dia.

Sementara itu, Suherman warga Pekon Tanjungan Pematang Sawa mengatakan peristiwa angin puting beliung terjadi pukul 17.30 WIB.

“Saat saya sedang di dalam rumah, masih kumpul sama keluarga, seketika datang angin kencang yang menghancurkan rumah saya, beruntung tidak ada korban jiwa,” kata dia.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribun Lampung

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *