The Fed Pastikan Kenaikan Suku Bunga akan Terus Berlanjut

Suku bunga yang lebih tinggi akan tetap berlaku sampai Federal Reserve AS yakin bahwa lonjakan inflasi berada di jalur menuju stabilitas, menurut ringkasan pertemuan Fed yang dirilis minggu ini.

Mengutip Antara, Jumat, 6 Januari 2023, rangkumannya adalah dari pertemuan Fed pada Desember, yang memperlihatkan kenaikan suku bunga sebesar setengah poin persentase yang mengikuti beberapa kenaikan suku bunga lainnya dari bulan-bulan sebelumnya.

“Peserta umumnya mengamati sikap kebijakan restriktif perlu dipertahankan sampai data yang masuk memberikan keyakinan inflasi berada pada jalur penurunan yang berkelanjutan hingga 2,0 persen. Perkembangan seperti itu kemungkinan akan memakan waktu,” kata ringkasan yang dirilis di situs web Fed.

Amerika Serikat mengalami inflasi terburuk dalam 40 tahun terakhir. Kondisi ini membuat bank sentral menaikkan suku bunga beberapa kali pada tahun lalu sebagai upaya memenuhi mandat Fed untuk menjaga inflasi sebesar 2,0 persen.

Sepanjang tahun hingga November 2022, harga grosir AS melonjak menjadi sekitar 12 persen. Ini menjadi peningkatan yang tidak terlihat dalam beberapa dekade.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *