Aji Santoso Beri Penjelasan Persebaya Kesulitan Bikin Gol dari Situasi Open Play

Tanpa kehadiran Marselino Ferdinan, Persebaya Surabaya kesulitan mencetak gol melalui situasi open play pada pertandingan pekan ke-12 Liga 1 2022-2023.

Persebaya nampak kesulitan membongkar lini pertahanan Barito Putera yang tampil cukup solid saat laga berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa (6/12/2022) sore.

Tim berjulukan Bajul Ijo sempat tertinggal oleh gol pemain asing Barito, Rafael Silva, pada menit ke-14.

Meski telah meningkatkan intensitas serangan untuk mengejar ketertinggalan, Persebaya tetap kesulitan mencetak gol hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Pelatih Persebaya Aji Santoso melakukan perubahan strategi. Permanan tim lebih dinamis.

Hasilnya, mereka bisa mencetak gol melalui brace Leo Lelis dan bunuh diri bek Barito, Frank Sokoy. Persebaya menutup laga dengan kemenangan 3-2.

Ada sejumlah catatan dalam kemenangan ini. Tiga gol Persebaya bisa dibilang terjadi karena situasi set pieces, bukan open play.

Tim pun mendapat sorotan terkait kesulitan mencetak gol dari situasi open play karena absennya Marselino Ferdinan.

Aji Santoso menyebut pemain Persebaya masih perlu adaptasi dengan situasi pertandingan kompetitif.

Vakumnya kompetisi selama dua bulan imbas dari terjadinya insiden Tragedi Kanjuruhan membuat pemain Persebaya harus melakukan restart walaupun beberapa kali menggelar uji tanding.

“Sudah saya sampaikan setelah pertandingan di Malang kemarin. Kami dua bulan tidak melakukan kompetisi resmi hanya satu kali uji coba dengan tim Liga 1,” tutur pelatih berlisensi AFC Pro.

“Tentunya saya sampaikan pemain-pemain saya ini masih perlu beradaptasi. Dengan hasil tiga poin ini saya cukup optimistis perkembangan performa pemain saya meningkat,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Marselino Ferdinan harus absen membela Persebaya karena mendapat panggilan TC Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2022.

Aji Santoso merasa puas dan bersyukur, tim bisa mengamankan tiga poin dan melanjutkan tren positif selalu menang dalam dua laga terakhir.

Ia berharap kemenangan yang diraih tidak membuat pemain terlena. Aji tak mau para pemainnya terlampau percaya diri dalam menatap laga selanjutnya.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Bola Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *