Ledakan Bom Guncang Istanbul, Tidak Ada WNI yang Jadi Korban

Sebuah ledakan mengguncang Istanbul, Turki, dan menewaskan setidaknya enam orang serta melukai puluhan lainnya. Ledakan terjadi di area ramai di sekitar Lapangan Taksim pada Minggu sore waktu setempat.

Otoritas Turki mencurigai adanya elemen terorisme dalam ledakan di Istanbul. Hingga kini, belum ada pihak yang mengeklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

“Sejauh ini diperoleh informasi bahwa setiaknya enam orang meninggal dunia dan 53 terluka akibat kejadian tersebut,” ujar keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Senin, 14 November 2022.

“KBRI Ankara dan KJRI Istanbul saat ini berkomunikasi dan berkoordinasi dengan otoritas setempat serta komunitas masyarakat Indonesia yang ada di sekitar lokasi. Hingga saat ini tidak terdapat informasi mengenai warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban,” sambungnya.

Berdasarkan data terbaru Kemenlu RI, jumlah WNI yang menetap di Istanbul berkisar 500 orang. Lokasi kejadian merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan asing, termasuk WNI yang melakukan perjalanan wisata ke Istanbul, Turki.

Kemenlu RI mengimbau WNI di Istanbul dan sekitarnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghindari tempat keramaian jika tidak ada keperluan mendesak. Dalam keadaan darurat, para WNI diimbau segera menghubungi otoritas setempat dan Perwakilan RI.

“Pemerintah Indonesia mengecam aksi serangan bom ini dan menyampaikan duka cita yg mendalam atas korban meninggal dan luka-luka. Indonesia berharap mereka yang bertanggung-jawab atas kejadian ini dapat segera ditangkap,” ungkap Kemenlu RI.

“Indonesia menghargai keputusan Presiden Erdogan untuk tetap menghadiri pertemuan G20 di Indonesia, di tengah kedukaan ini,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *