Kejuaraan Dunia Karate Junior: Indonesia Raih 2 Perak dan 1 Perunggu

Tim karate Indonesia berhasil membawa pulang tiga medali dari Kejuaraan Dunia Karate Junior atau World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 di Konya, Turkiye, pada 26-30 Oktober 2022.

Tim Indonesia yang dipimpin Harmen Saputra sebagai manager dan Abdullah Kadir wakil manager didampingi Pelatih Yuni Adi Putra Warang, Jintar Simanjuntak dan Aswar itu menurunkan 17 atlet di World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 yang digelar 26-30 Oktober di Konya, Turki. Kejuaraan dunia ini diikuti 1850 peserta dari 105 negara di dunia.

Indonesia meraih tiga medali dengan rincian dua perak dan satu perunggu.

Medali perak pertama tim karate Indonesia dipersembahkan Nadlima Layla yang turun di nomor kata perorangan cadet putri usai kalah dari Takata Azusa (Jepang) di final.

Sementara itu, medali perak lainnya diraih oleh Marzella Sekar Damayanti yang juga dikalahkan karateka Jepang, Ohuci Mirisa, di final kata perseorangan putri U-21.

Adapun medali perunggu diraih tim Indonesia yang diperkuat Nadlima Layla, Baeatrix Helena Pangemanan, dan Syifa Amalia Akhmad di kategori kata beregu junior cadet putri.

Mereka mengalahkan wakil Italia dalam laga perebutan medali perunggu. Ini merupakan peningkatan prestasi karateka Merah Putih junior di level dunia.

Pada ajang yang sama dua tahun lalu di Chile, Indonesia hanya membawa pulang satu medali perak.

“Alhamdulillah kali ini kami berhasil memperbaiki raihan di World Junior Cadet and U21 Karate Championship 2022 dengan dua perak dan satu perunggu,” kata manajer tim Harmen Saputra.

“Raihan ini lebih bagus dari dua tahun lalu pada event yang sama di Chile di mana Indonesia hanya berhasil meraih satu medali perak,” katanya dalam rilis PB FORKI yang diterima Kompas.com.

“Untuk di nomor kata, kami masih harus mengakui kekuatan Jepang. Semua medali emas di kategori kata diborong Jepang, baik di nomor perorangan maupun beregu putra dan putri,” ujar Harmen.

Harmen melanjutkan bahwa prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras para atlet karate Indonesia.

Ia berharap raihan di World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 menjadi motivasi agar semakin beprestasi di level dunia.

“Hasil ini merupakan buah dari perjuangan dan kerja keras yang luar biasa yang ditunjukkan para karateka kita,” kata Harmen.

“Ini juga sekaligus sebagai pelajaran berharga supaya ke depannya kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di level dunia,” ujar Harmen.

Sementara itu, Indonesia juga mengirimkan delegasinya ke Konya, Turkiye, untuk mengikuti kongres World Karate Federation (WKF) pada 25 Oktober lalu.

Delegasi Indonesia yakni Darly Siregar dan Ricky Muchtar. Hasil dari kngres tersebut adalah kembali terpilihnya Antonio Espinos sebagai Presiden WKF untuk periode lima tahun ke depan.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *