Harga Minyak Dunia Bervariasi Usai OPEC+ Pangkas Produksi

Harga minyak dunia ditutup bervariasi pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB), sehari setelah produsen utama mengumumkan pengurangan produksi moderat. Sejauh ini harga masih berada di level tinggi dan belum ada tanda menurun tajam.

Mengutip Xinhua, Rabu, 7 September 2022, West Texas Intermediate untuk pengiriman Oktober naik satu sen menjadi USD86,88 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent untuk pengiriman November turun sebanyak USD2,91 menjadi ditutup pada USD92,83 per barel di London ICE Futures Exchange.

Penguatan dolar AS terus menghadirkan angin sakal. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,35 persen menjadi 110,2140 pada akhir perdagangan Selasa. Secara historis, harga minyak berbanding terbalik dengan harga dolar AS.

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, secara kolektif dikenal sebagai OPEC+, memutuskan untuk mengurangi produksi minyak pada Oktober sebesar 100 ribu barel per hari. Ini akan membalikkan kenaikan produksi September dari jumlah yang sama yang disepakati sekitar satu bulan lalu.

“Meskipun jumlahnya relatif kecil, keputusan itu mengirim pesan kelompok pengekspor minyak bersedia mempertahankan harga minyak,” kata Analis UBS.

“Kemarin menjadi jelas OPEC+ tidak bersedia menerima penurunan harga yang lebih jelas, dan kemungkinan menerapkan pengurangan produksi lebih lanjut jika diyakini perlu,” tambah Analis Energi Commerzbank Research dalam sebuah catatan.

Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat bergerak turun pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB) memperpanjang kerugian yang mereka derita akhir-akhir ini. Sedangkan pemerintah dan The Fed terus berupaya menekan lonjakan inflasi yang memberikan pengaruh terhadap pasar saham.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 173,14 poin atau 0,55 persen menjadi 31.145,30. Sedangkan indeks S&P 500 turun 16,07 poin atau 0,41 persen menjadi 3.908,19. Kemudian indeks Komposit Nasdaq merosot 85,95 poin atau 0,74 persen menjadi 11.544,91.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *