Covid-19 Terus Melonjak, Ekonomi Tiongkok Diyakini Kian Tertekan

Para ekonom berpendapat strategi ketat covid-19 di Tiongkok akan menimbulkan lebih banyak kesengsaraan ekonomi dan berpotensi membatasi pengeluaran konsumen serta mengganggu produksi dan pengiriman karena wabah virus terus berlanjut. Sejauh ini momentum pemulihan ekonomi di Beijing telah goyah.

“Kebijakan tanpa toleransi pada covid-19 berarti setiap kasus akan dihadapi dengan langkah-langkah penahanan yang kuat yang menghambat pengeluaran konsumen,” kata Bloomberg Economics dalam sebuah laporan, dilansir dari The Business Times, Senin, 10 Januari 2022.

“Pertumbuhan penjualan ritel bisa melemah hingga serendah 3,7 persen tahun ini dari perkiraan 13 persen pada 2021 jika ada lebih banyak gejolak,” kata Ekonom Chang Shu dan Eric Zhu.

Situasinya bisa jauh lebih buruk jika varian Omicron mendapat pijakan di negara itu karena lebih menular dan vaksin Tiongkok tampaknya memiliki efektivitas terbatas untuk melawannya, kata para ekonom. Tiongkok melihat kasus varian Delta muncul di beberapa tempat setelah penurunan di pusat gempa terbaru Xi’an.

Sebagai salah satu penangguhan Covid Zero terakhir di dunia, Tiongkok telah memberlakukan langkah-langkah ketat untuk mengekang penyebaran virus, termasuk mengunci sekitar 13 juta penduduk di Xi’an dan menghentikan penerbangan masuk dan keluar dari kota barat.

Penyebaran cepat Omicron

Negara terpadat di dunia itu kemungkinan tetap pada kebijakan virusnya dalam waktu dekat mengingat penyebaran cepat Omicron di seluruh dunia dan Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan depan. Goldman Sachs Group mengharapkan Tiongkok untuk mempertahankan pembatasan perbatasan untuk kemungkinan sisa tahun ini.

“Risiko strategi Covid Zero adalah jalan lebih sulit bagi Tiongkok untuk keluar dari pandemi, karena banyak ekonomi lain semakin terbuka secara domestik dan internasional dengan kekebalan alami dan divaksinasi,” kata Chang dan Zhu.

Industri perjalanan telah mengalami pukulan, dengan perjalanan penumpang udara selama akhir pekan panjang 1-3 Januari turun 27 persen dari tahun lalu, penyiar negara CCTV melaporkan minggu ini, mengutip data dari kementerian perhubungan. Perjalanan penumpang kereta api dan volume lalu lintas juga turun.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *