Rupiah Perkasa ke Rp13.928 per Dolar AS Usai Rilis The Fed

Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.928 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Kamis (11/6). Mata uang ini menguat 52 poin atau 0,38 persen dari Rp13.980 pada Rabu (10/6).

Di antara mata uang Asia, rupiah berada di zona hijau bersama baht Thailand yang menguat 0,65 persen, ringgit Malaysia 0,27 persen, yen Jepang 0,17 persen, dan won Korea Selatan 0,08 persen.

Sementara, dolar Singapura stagnan. Sedangkan peso Filipina melemah 0,04 persen dan dolar Hong Kong minus 0,01 persen.

Sebaliknya, mata uang utama negara maju bergerak rata, sebagian menguat dan sebagian lainnya melemah dari dolar AS.

Dolar Australia melemah 0,33 persen, poundsterling Inggris minus 0,06 persen, dan dolar Kanada minus 0,04 persen. Sementara rubel Rusia menguat 0,17 persen, euro Eropa 0,13 persen, dan franc Swiss 0,07 persen.

Analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan nilai tukar rupiah masih fluktuatif pada hari ini karena pengaruh hasil pengumuman rapat bank sentral AS, The Federal Reserve. Namun, ada peluang penguatan rupiah.

Dari hasil rapat, The Fed mengumumkan tingkat suku bunga acuan tetap nol persen selama masa pemulihan akibat pandemi virus corona atau covid-19 berlangsung. Kemungkinan, The Fed baru akan menaikkan suku bunga acuan pada 2022.

The Fed turut mengumumkan proyeksi ekonomi AS, yaitu akan terkontraksi 6,5 persen pada tahun ini. Namun, tingkat pengangguran akan menurun dari 13,3 persen menjadi 9,3 persen.

“Rupiah kemungkinan masih akan bergejolak walaupun dibuka melemah, tetapi tutup kemungkinan menguat. Rentang pergerakan rupiah Rp13.895 sampai Rp14.100 per dolar AS,” ujar Ibrahim.

Sementara di dalam negeri, Ibrahim melihat sentimen yang kemungkinan masih memberi pengaruh bagi pergerakan rupiah adalah pertambahan kasus virus corona secara harian. Sebab, kasus sempat meningkat di atas 1.000 kasus dalam sehari pada beberapa waktu lalu.

“Pelaku pasar merespons negatif terhadap kasus pandemi virus corona di Indonesia,” imbuhnya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Pikiran Rakyat

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *