Kejar Target, Persib akan Lakoni Dua Uji Tanding dalam Sehari

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengungkapkan rencana uji tanding yang akan dilakoni Maung Bandung dalam masa persiapan menghadapi Liga 1 2021. Manajemen Persib sudah berkomunikasi dengan sejumlah kesebelasan dari Liga 2 dan Liga 3 untuk beruji tanding melawan Persib. Menurut Alberts, uji tanding akan dilakoni setiap akhir pekan. Selain itu, Persib akan melakoni dua uji tanding sekaligus dalam satu hari.

Sehingga, ada potensi dalam sehari Persib bakal menjajal kekuatan dua tim berbeda, tergantung kedalaman skuad dari lawan uji tanding yang dihadapi. “Karena pramusim, tujuannya adalah semua pemain bisa bermain dan bukan hanya beberapa saja,” kata Alberts kepada wartawan, Rabu (2/6/2021). “Itulah tujuan diadakan pramusim, seperti turnamen yang dimainkan kemarin (Piala Menpora) kami juga menurunkan sebanyak mungkin pemain,” sambung dia.

Alberts mengatakan, tujuan dari memainkan dua pertandingan sehari adalah untuk memberikan kesempatan tampil bagi semua pemain. Hal tersebut harus dilakukan selama masa pramusim. Kemenangan bukanlah tujuan dari pramusim. Esensi dari pramusim adalah mematangkan persiapan menghadapi kompetisi, sembari mencari komposisi terbaik yang akan diandalkan di Liga 1 2021. “Setelah melakukan itu baru tim memasang pemain terbaik untuk mencari kemenangan,” tutur Alberts. “Jika tim lawan tidak punya cukup banyak pemain, kami mencari dua tim. Target kami adalah semua pemain tampil selama 90 menit,” imbuh dia.

Pelatih asal Belanda itu melanjutkan, Persib akan mulai menggelar dua uji tanding dalam sehari pada akhir pekan ini.

Maung Bandung memang dijadwalkan menggelar uji tanding pada Sabtu (5/6/2021).

“Kami akan memainkan dua laga latih tanding Sabtu ini, karena ini adalah bagian dari latihan,” tegas Alberts.

Lebih lanjut, Alberts merasa puas dengan kemajuan kondisi fisik yang ditunjukkan Supardi Nasir dkk.

Baru dua pekan menjalani latihan, para pemain sudah menunjukkan respons kesiapan untuk tampil secara kompetitif dalam satu laga sepekan.

Alberts masih akan terus meningkatkan kondisi dan performa pemain agar bisa tampil dalam dua atau tiga laga pada setiap pekannya.

Pada kompetisi nanti, Maung Bandung berpotensi dihadapkan dengan jadwal pertandingan padat.

“Kami harus meningkatkan daya tahan, kebugaran, kecepatan dan kekuatan, jadi tidak bisa bermain terlalu banyak. Jika terlalu banyak bertanding, pemain tidak bisa berlatih,” ungkap Alberts.

Pelatih berusia 66 tahun itu kemudian menargetkan level kebugaran pemain meningkat pada akhir Juni.

Sehingga, Esteban Vizcarra dkk sudah berada dalam level ideal untuk mengarungi pertandingan kompetitif di Liga 1 per Juli 2021.

“Di pekan ketiga Juni, kami bisa saja memainkan tiga laga dalam sepekan. Intensitas latihan ringan tapi intensitas laga meningkat,” tutur Alberts.

“Dari sana bisa dilihat bagaimana hasil kami melakukan persiapan, apakah sanggup untuk memainkan 2-3 laga sepekan,” imbuh dia.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *