Tes 180 Ribu Pemudik, 525 Reaktif Covid Sepanjang 15-22 Mei

Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Polisi Istiono mengatakan tes usap (swab) antigen selama pelaksanaan arus balik di 149 titik telah menyasar sebanyak 180 ribu pemudik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 524 orang reaktif covid-19.

Istiono mengklaim pengetatan arus balik libur Lebaran 2021, termasuk random tes antigen di dalamnya, efektif dalam mencegah penularan Covid-19 di DKI Jakarta.

“Data dari tanggal 15 sampai 22 Mei itu sudah kami lakukan, baik yang mandatori maupun random sebanyak 180 ribu lebih. Dan yang reaktif 524 orang,” kata Istiono di Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (23/5).

Ia mengatakan setiap kendaraan dari Sumatera menuju Jakarta, maupun dari Bali dan Jawa menuju Jakarta, diminta melaksanakan tes usap antigen ketika melintasi 149 titik pengetatan arus balik libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tersebut.

Hasilnya, 524 orang yang reaktif Covid dideteksi Korlantas Polri dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan ditangani lebih lanjut agar tidak menularkan virus ketika sampai di Jakarta.

“Ini sangat efektif. Bayangkan, kalau tidak kita lakukan wajib dan random (tes antigen), bagaimana 524 orang itu bisa menularkan yang lain,” kata Istiono.

Terkait arus lalu lintas pada arus balik tahun ini, Istiono menilai tak ada peningkatan signifikan atau penumpukan kendaraan.

“Arus balik sudah 4 hari yang lalu mengalami kenormalan. arus kendaraan lebih kurang 100 ribu kendaraan yang sudah masuk ke Jakarta. Artinya bahwa mudik yang arus balik tidak ada penumpukan di satu hari. Jadi terbagi arusnya hari per hari mengalir secara bertahap,” ucapnya.

Istiono menyampaikan arus kendaraan mengalami kenaikan pada beberapa hari terakhir. Namun, kenaikan itu secara bertahap. Sehingga, saat ini kondisi arus lalu lintas sudah kembali normal seperti sebelum libur lebaran 2021.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *