Setelah Lima Tahun Pensiun, Ibrahimovic Kembali Perkuat Timnas Swedia

Zlatan Ibrahimovic akan kembali memperkuat tim nasional Swedia setelah lima tahun pensiun. Ia bakal memperkuat negaranya dalam pertandingan internasional bulan ini.

Kembalinya Zlatan itu diumumkan oleh Asosiasi Sepak Bola Swedia (SvFF) pada Selasa (16/3/2021) malam WIB. Ibra sebelumnya telah pensiun dari sepak bola internasional pada 2016 lalu.

Ibrahimovic dipanggil pelatih tim nasional Swedia Janne Andersson bersama 25 pemain lainnya untuk melakoni dua laga Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 dan satu uji coba. Dua laga kualifikasi Piala Dunia itu adalah melawan Georgia dan Kosovo.

”Pertama dan terpenting adalah dia pesepak bola yang sangat bagus, yang terbaik yang kami miliki di Swedia. Jelas sangat bagus dia ingin kembali [ke tim nasional Swedia],” ujar Andersson, dikutip Reuters.

Ibrahimovic kini sudah berusia 39 tahun. Meski demikian, kata Andersson, ia masih sangat dibutuhkan timnas Swedia terutama untuk membantu perkembangan pemain muda.

”Ini sangat lucu karena Ibrahimovic juga ingin kembali ke timnas Swedia. Selain kontribusi di lapangan, Ibrahimovic dengan pengalamannya juga akan membantu pemain lain di timnas Swedia,” ujar Andersson.

Ibrahimovic mencetak 62 gol dalam 116 pertandingan internasional sebelum memutuskan pensiun setelah Swedia tersingkir di babak penyisihan grup Piala Eropa 2016.

Dia membuka pintu untuk kembali dalam wawancara dengan surat kabar pada November 2020. Sebelum pengumuman resmi, pelatih Andersson sudah terbang menemui Ibrahimovic di Milan.

Tidak lama setelah SvFF memberi pengumuman, Ibrahimovic seperti biasa juga membuat kejutan di akun sosial media pribadinya. Melalui Twitter, Ibrahimovic mengunggah foto dirinya ketika menjadi kapten timnas Swedia dengan keterangan: Kembalinya Sang Dewa.

Ibrahimovic tercatat ikut membantu timnas Swedia mengarungi dua Piala Dunia dan empat Piala Eropa selama 15 tahun pengabdian.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *