Ada Senyum Manis di Jepang, Ekonomi Q4 2020 Tumbuh 12,7%

Jepang melaporkan kabar baik pada perekonomiannya di tiga bulan terakhir 2020. Pemerintah mengumumkan produk domestik bruto (PDB) pada kuartal keempat (Q4) 2020 tumbuh 12,7% (year on year/yoy).

Angka ini bahkan lebih tinggi dar prediksi banyak analis sebelumnya. Pengamat yang dihimpun Reuters misalnya, hanya memprediksi pertumbuhan sebesar 9,5%.

Dalam basis kuartalan (qtq), PDB Jepang tumbuh 3% di 2020. Tiga bulan sebelumnya, PDB Jepang juga tumbuh 5,3%.

Melansir Reuters ,ada beberapa faktor yang menunjang ekonomi. Perdagangan internasional yang berkontribusi sangat positif terhadap pertumbuhan karena ekspor melonjak 11% sementara impor naik 4,1%.

Selain perdagangan, menurut data yang dirilis kabinet Jepang sebagaimana dituliskan Trading Economics, konsumsi swasta, yang membentuk lebih dari separuh ekonomi Jepang, naik 2,2% setelah peningkatan 5,1% di kuartal sebelumnya.

Ini juga mengalahkan prediksi analis yang sebelumnya memperkirakan kenaikan sebesar 1,8% Namun meski begitu, secara keseluruhan di 2020, ekonomi Jepang masih mencatatkan kontraksi atau pertumbuhan negatif sekitar 4,8%.

Perekonomian Jepang masih diprediksi kurang baik di 2021. Hal ini terjadi karena keputusan pemerintah untuk menerapkan langkah-langkah darurat dan pembatasan baru mulai Januari akibat meningkatnya kembali infeksi virus corona.

Saat ini negeri di Pasifik itu mencatatkan 415 ribu kasus virus corona dengan angka kematian hampir mencapai 7 ribu kasus.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar :Okezone News

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *