PM Suga Janji Kendalikan Covid-19 di Jepang

Perdana Menteri baru Jepang Yoshihide Suga berjanji untuk mengendalikan infeksi virus korona dan memulai ekonomi dalam resesi. Suga menggantikan Shinzo Abe yang mundur karena alasan kesehatan.

Dalam sambutan pertamanya setelah terpilih oleh parlemen pada Rabu pagi 16 September 2020, Suga menekankan bahwa dia akan menjadi kabinet yang berkelanjutan. Selain juga berusaha untuk melanjutkan kebijakan yang diperjuangkan oleh Abe.

“Kami perlu meneruskan kebijakan yang didorong oleh pemerintahan Abe. Itulah misi yang saya peroleh,” kata Suga kepada wartawan, seperti dikutip AFP, Kamis 17 September 2020.

Dia mengesampingkan pertanyaan tentang kemungkinan pemilihan yang cepat untuk mengkonsolidasikan posisinya. Suga mengatakan bahwa “apa yang diinginkan publik saat ini adalah bahwa kami berhasil mengakhiri pandemi segera dan pada saat yang sama kami terus memulihkan ekonomi”.

“Mencegah penyebaran infeksi (covid-19) dan membangun kembali ekonomi adalah apa yang paling rakyat inginkan. Kami berharap untuk melakukan yang terbaik dalam masalah ini terlebih dahulu,” sebut Suga.

Suga menambahkan bahwa hanya memikirkan ideologi politik atau tujuan kebijakan luar negeri, alih-alih menjanjikan reformasi administrasi, mengakhiri ‘inefisiensi birokrasi’, dan digitalisasi pemerintahan yang lebih besar.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Suga adalah, dia akan mencari hubungan kuat yang berkelanjutan dengan Amerika Serikat (AS) dan hubungan yang stabil dengan Tiongkok dan Rusia.

Tetapi dia tidak memberikan rincian dan tidak menyebutkan ketegangan yang sedang berlangsung dengan Korea Selatan, atau strategi pertahanannya secara spesifik, terutama terhadap Korea Utara.

Rintangan ke depan

Politikus berusia 71 tahun itu mengambil posisi puncak pemerintahan Jepang setelah puluhan tahun berkecimpung di dunia politik. Jabatan terakhirnya sekretaris kabinet, di mana ia adalah penegak utama kebijakan pemerintah dan juga juru bicara.

Sebagai penasihat dan tangan kanan Abe yang sudah lama, Suga mengatakan pelariannya terinspirasi oleh keinginan untuk melanjutkan kebijakan pendahulunya.

Kabinet barunya penuh dengan wajah-wajah yang sudah dikenal, dengan menteri luar negeri dan keuangan Abe tetap menjabat, dan saudara laki-laki Shinzo Abe ditunjuk untuk memimpin kementerian pertahanan.

Suga meraih kemenangan mudah dalam pemungutan suara di parlemen, di mana Partai Demokrat Liberal yang berkuasa memegang mayoritas komando. Tetapi dia sekarang menghadapi serangkaian tantangan berat, dari masalah langsung seperti virus korona dan Olimpiade yang ditunda, hingga masalah jangka panjang termasuk populasi yang menurun.

“Masalah sulit memuncak di hadapan kabinet Suga,” kata Shinichi Nishikawa, seorang profesor ilmu politik di Universitas Meiji di Tokyo.

“Virus korona menjadi prioritas utama untuk ditangani. Di bidang diplomatik, banyak faktor yang tidak pasti, termasuk pemilihan presiden AS,” katanya kepada AFP.

Abe secara resmi mengundurkan diri pada Rabu bersama dengan kabinetnya, mengakhiri rekor masa jabatannya dengan satu tahun tersisa dalam mandatnya.

Dia memilih untuk mengundurkan diri setelah kambuhnya kolitis ulserativa, penyakit usus yang telah lama mengganggunya.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *