Presiden Mali Mengundurkan Diri usai Ditahan Militer

Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita mengundurkan diri dan membubarkan parlemen, beberapa jam usai dirinya ditahan sekelompok prajurit di sebuah kamp militer dekat ibu kota. Keita ditahan bersama Perdana Menteri Mali Boubou Cisse dan sejumlah pejabat lainnya.

“Saya tidak mau ada pertumpahan darah,” kata Keita dalam sebuah pidato singkat di televisi, dikutip dari France 24, Rabu 19 Agustus 2020.

Dalam pidato yang sama, ia juga mengumumkan pembubaran parlemen dan pemerintahan Mali. Beberapa jam sebelumnya, ia dan sejumlah pejabat ditahan di kamp militer Kati dalam sebuah percobaan kudeta.

Boubou Doucoure, direktur komunikasi di kantor PM Mali, mengonfirmasi bahwa Keita dan Cisse sempat ditahan sekelompok prajurit yang mengendarai kendaraan lapis baja. Kedua tokoh ditahan di kamp Kati yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Bamako.

Televisi nasional Mali, ORTM, sempat berhenti beroperasi saat Keita dan Cisse ditahan pada Selasa. Namun televisi tersebut kembali menayangkan berita di waktu malam.

Menurut laporan jurnalis BBC Abdoul Ba di Bamako, percobaan kudeta dipimpin Kolonel Malick Diaw dan komandan lainnya, Jenderal Sadio Camara. Setelah menguasai kamp Mati, yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Bamako, sekelompok prajurit bergerak menuju ibu kota yang disambut hangat demonstran anti-pemerintah.

Koalisi oposisi M5-RFP, salah satu pihak di balik protes anti-pemerintahan di Mali, membantah adanya percobaan kudeta. Juru bicara koalisi mengatakan bahwa penahanan presiden “bukan kudeta militer.”

“IBK (Keita) tidak mau mendengarkan rakyatnya. Kami telah menawarkan sebuah alternatif, tapi dia merespons dengan pembunuhan,” ujar Nouhoum Togo, jubir M5-RFP, yang menggunakan inisial presiden.

Percobaan kudeta di Mali memicu kecaman internasional. Salah satunya adalah Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS), menyerukan agar semua pejabat tinggi Mali dibebaskan.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *