Jokowi: Saya Menghormati Keputusan Din

Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menunjuk pengganti Din Syamsudin sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban. Penunjukan pengganti Din Syamsudin paling lambat akan diputuskan pada esok hari mengingat lembaga ini sangat diperlukan sebagai wadah dialog antaragama dan antarnegara. “Secepatnya saya akan tunjuk penggantinya, kalau bisa hari ini atau besok,” kata Jokowi usai menyerahkan sertifikat tanah di ICE Tangerang, Rabu (26/9).

Presiden mengaku telah menerima surat pengunduran diri dari Din Syamsudin pada Selasa sore kemarin. Ia pun sudah menyiapkan beberapa nama calon pengganti Din. “Saya sangat menghormati pilihan pak Din,” tambahnya. Menurutnya, keputusan Din untuk mundur dari jabatannya tersebut dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang matang. Salah satunya yakni pertimbangan yang bersifat politis. “Beliau ingin di tengah, ingin netral. Saya sangat menghargai apa yang sudah diputuskan pak Din,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Din Syamsudin menemui Presiden Jokowi di Istana menyampaikan surat pengunduran dirinya. Ia mengaku, keputusannya tersebut agar memudahkan upayanya untuk berkomunikasi dengan berbagai organisasi di tahun politik ini. Din juga menyerahkan kepada Jokowi terkait nama penggantinya nanti. “Kalau saya masih menjabat sebagai utusan khusus presiden yang sekarang jadi capres, itu berarti banyak yang memahaminya saya hanya ada di sini, di satu pihak, di satu kubu, dan itu akan menghalangi dan tidak memudahkan upaya saya untuk membangun kebersamaan dari masyarakat majemuk, di berbagai organisasi,” jelas Din.

 

 

 

 

Sumber Berita : republika.co.id
Sumber foto : Tribunnews.com

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *