Kebijakan The Fed Angkat Rupiah ke Rp14.160 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah menguat ke Rp14.160 per dolar AS atau sebesar 0,86 persen pada perdagangan pasar spot, Rabu (4/3) pagi. Sebelumnya, posisi rupiah berada di Rp14.282 per dolar AS pada penutupan pasar, Selasa (3/3).

Tak hanya rupiah, mayoritas mata uang di kawasan Asia menguat terhadap dolar AS pagi ini. Terpantau, won Korea menguat 0,87 persen, ringgit Malaysia 0,58 persen, dan dolar Taiwan 0,42 persen.

Selanjutnya, peso Filipina juga menguat 0,34 persen, baht Thailand 0,19 persen, dolar Singapura 0,18 persen, diikuti dolar Hong Kong 0,05 persen. Di sisi lain, pelemahan terjadi pada yen Jepang 0,27 persen, dan lira Turki 0,06 persen terhadap dolar AS.

Kemudian di negara maju, mayoritas nilai tukar bergerak menguat terhadap dolar AS. Dolar Kanada dan dolar Australia menguat dengan nilai masing-masing 0,19 persen dan 0,41 persen, euro menguat 0,01 persen, diikuti poundsterling Inggris menguat 0,13 persen terhadap dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama menilai penguatan rupiah disebabkan oleh faktor domestik dan faktor global. Untuk domestik, penguatan ditopang faktor stabilitas fundamental makroekonomi dalam negeri yang masih bagus.

Stabilitas tersebut salah satunya bisa terlihat dari data manufaktur PMI Indonesia yang justru mengalami ekspansi dari sebelumnya terkontraksi. Hal ini ditambah juga, dengan dukungan faktor stabilitas inflasi.

“Komitmen pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan dari WHO dalam menangani dan mengatasi penyebaran covid-19, itu juga direspon positif oleh pasar,” kata Nafan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (4/3).

Sedangkan untuk faktor global, Nafan mengatakan penguatan ditopang oleh penurunan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin yang dilakukan oleh bank sentral AS.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Portonews.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *