Tekuk Valencia 1-3 Arsenal Buka Peluang Lolos ke Final Liga Europa

Sempat tertinggal 0-1 akhirnya Arsenal mampu membalikkan keadaan menang 3-1 atas Valencia pada laga leg pertama semifinal Liga Europa di Emirates, Inggris, Jumat (3/5/2019) dinihari WIB.

Valencia unggul lewat gol Mouctar Diakhaby menit ke-11 yang kemudian dibalas oleh gol
Alexandre Lacazette menit ke-18 dan menit ke-25 serta gol Aubameyang menit ke-90.

Berkat kemenangan ini Arsenal membuka peluang lolos ke final sebab hanya butuh seri atau bahkan kalah 0-1 pada laga leg kedua di kandang Valencia pekan depa.

Tentu kemenangan ini sebagai pengobat sakit hati penggemar The Gunners setelah kalah terus di Liga Inggris sehingga masih tercecer di peringkat kelima klasemen sementata hingga laga ke-36.

Menjamu Valanencia di kandangnya, Unai Emery pelatih Arsenal mengultimatum pasukannya harus bangkit dan menang.

Namun ketika laga berlangsung 11 menit justru gawang Arsenal kebobolan terlebih dahulu. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Parejo, bola melambung ke kotak penalti, dan disundil oleh Moreno ke mulut gawang. Bola yang belum menjebol gawang Arsenal kemudian disundul lagi oleh Diakhaby sehingga gawa yang dijaga Petr Cech bobol.

Tentu gol itu mengagetkan pemain-pemain Arsenal dan mereka segera bangkit. Tujuh menit kemudian mampu menyamakan kedudukan. Gol itu berawal ketika Aubameyang berhasil lolos dari jebakan off side dan langsung berlari ke kotak penalti Valencia.

Striker asal Gabon itu bahkan berhasil mengecoh Neto, kiper Valencia, sebelum menyodorkan umpan matang ke Lacazette. Pemain asal Prancis itu tak kesulitan menjebol gawang yang sudah kosong.

Bahkan Tim Gudang Peluru itu berbalik unggul menit ke-25. Lacazettte kembali menjadi mimpi buruk bagi Valencia. Kali ini striker asal Prancis itu sukses memanfaatkan umpan silang dari Xhaka. Bola hasil sundulan sang ujung tombak sempat ditepis Neto dan membentur tiang, sebelum melewati garis gawang.

Gol itu membuat Arsena terus menekan pertahanan Valanecia yang kali ini tidak solid. Aubameyang dan Lanacazette beberapa kali mengancam gawang Neto. Sayang hingga babak pertama usai kedudukan tetap 2-1 untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Valanecia berusaha menekan pertahanan Arsenal. Seperti pada menit ke-55 Rodrigo melepas umpan silang dari sayap kiri, namun bola yang mengarah ke kotak penalti berhasil dihalau Koscielny sebelum dapat dimanfaatkan oleh Guedes.

Menit ke-72 kiper Cech melakukan penyelamatang ketika berhasil menghalau umpan terobosan Parejo yang mengarah ke gawangnya. Jika sang kiper terlambat sedikit saja, Gameiro sudah siap menyambut bola.

Emery lalu menarik keluar Mesur Ozil yang bermain tidak sesuai harapan dan digantikan oleh Mkhitaryan pada menit ke-75.

Taktik pelatih asal Spanyol itu membuahkan hasil yang baik. Pada menit ke-90 Arsenal menjauh lewat gol cantik Aubemeyang.

Mantan pemain Borussia Dortmund itu sukses meneruskan umpan silang dari Kolasinac di tiang jauh. Sepakan voli pemain Gabon itu gagal dihentikan Neto.

Tentu menang 3-1 membuat Arsenal semakin nyaman menghadapi leg kedua. Meski demikian Tim dari London Utara ini tidak boleh lengah. Pasalnya Valaencia hanya butuh kemenangan 2-0 di leg kedua untuk menyingkirkan Arsenal.

 

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar : Poskota News

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *