Menlu AS Diundang Kim Jong-Un Bahas Denuklirisasi di Pyongyang

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mendapat undangan dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un untuk bertemu di Pyongyang. Pertemuan membahas denuklirisasi. Pompeo dijadwalkan ke Pyongyang bulan Oktober dalam upaya “Denuklirisasi akhir yang sepenuhnya diverifikasi dari DPRK,” kata Departemen Luar Negeri Republik Rakyat Demokratik Korea seperti dilansir AFP, Kamis (27/9/2018).

Sebelum pertemuan tersebut digelar, Pompeo sempat bertemu dengan Menlu Korut Ri Yong Ho di sela-sela sidang umum PBB di New York. Selain itu, Pompeo juga akan mengatur pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Kim. Trump telah memuji inisiatifnya dengan Korut sebagai tanda keberhasilan kebijakan luar negeri dan pujian terhadap Kim. Pidatonya datang hanya satu tahun setelah dia mengejek Kim sebagai ‘pria roket’ di markas PBB dan mengancam respons militer yang kuat.

Setahun berselang, Trump dan Kim akhirnya bertemu di Singapura. Kini, Trump berjanji segera bertemu Kim untuk kali kedua. “Tampaknya kita akan mendapati pertemuan kedua sangat segera. Seperti yang Anda ketahui, Kim Jong-Un menulis sebuah surat — surat yang indah — dan meminta kepada saya agar digelar pertemuan kedua dan kita akan melakukannya,” ucap Trump.

 

 

 

 

Sumber Berita : detik.com
Sumber foto : detikNews

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *