Ekonomi Kanada Menguat sebagai IHK, Penjualan Eceran Mengalahkan Perkiraan

Perekonomian Kanada terbukti semakin kuat pada kuartal kedua, dengan inflasi dan penjualan ritel datang sebelum ekspektasi para ekonom.

Indeks harga konsumen naik pada laju tahunan 2,5 persen pada Juni, percepatan tahun-ke tahun tercepat sejak 2012, Statistik Kanada mengatakan Jumat dari Ottawa. Ekonom dalam survei Bloomberg mengantisipasi kenaikan 2,3 persen. Dalam laporan terpisah, agensi mengatakan pengecer nasional membukukan kenaikan 2 persen dalam penjualan pada bulan Mei, kenaikan bulanan terbesar sejak Oktober, dan menggandakan perkiraan median dari para ekonom.

Laporan tersebut, kebalikan dari kekecewaan terkait data penjualan dan inflasi bulan lalu, akan meningkatkan harapan untuk kenaikan suku bunga lanjutan tahun ini dari Bank of Canada. Laporan penjualan ritel secara khusus, yang menunjukkan belanja konsumen terus meningkat, akan dianggap sebagai sinyal positif bagi kekuatan mendasar ekonomi negara. Penjualan tidak termasuk penjualan mobil naik 1,4 persen, versus perkiraan 0,5 persen.

“Kejutan terbesar adalah pembacaan penjualan mobil bekas dalam penjualan ritel,” Royce Mendes, ekonom senior di CIBC World Markets, mengatakan melalui telepon dari Toronto. “Ini melampaui harapan. Ini adalah jumlah orang yang kembali ke toko setelah cuaca mempengaruhi jumlah bulan April. ”

Dolar Kanada melonjak 1,1 persen menjadi C $ 1,3132 melawan mitra AS pada pukul 9:07 pagi waktu Toronto. Imbal hasil obligasi pemerintah dua tahun naik 4 basis poin menjadi 1,97 persen. Investor kini menetapkan harga sekitar 60 persen peluang kenaikan suku bunga seperempat poin pada pertemuan bank sentral bulan Oktober, naik dari 50 persen sebelum data di rilis.

Angka inflasi kurang mengejutkan, mengingat Bank of Canada telah mengindikasikan, mereka mengharapkan lonjakakan CPI untuk jatuh kembali akhir tahun ini. Peningkatan tahunan mencerminkan harga bensin yang lebih tinggi dan makanan yang dibeli dari restoran, kata Statistik Kanada. Pada bulan itu, harga konsumen naik 0,1 persen di bulan Juni, dibandingkan dengan ekspektasi untuk pembacaan datar.

Ukuran inti dari inflasi – dilihat oleh pejabat sebagai ukuran yang lebih baik dari tren yang mendasarinya – naik tipis menjadi rata-rata 1,97 persen, dari 1,93 persen pada bulan Mei.

Angka penjualan ritel sebagian besar mencerminkan peningkatan penerimaan di penjualan kendaraan dan pompa bensin, tetapi bahkan tidak termasuk mobil, angka-angka itu datang jauh di depan apa yang diharapkan ekonom. Kekuatan itu terkait dengan volume, dengan penjualan naik 2 persen setelah perubahan harga diperhitungkan.

 

 

 

 

Sumber berita :  Bloomberg
Sumber Foto : thediversitytimes.ca

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *