Michael Caine Resmi Pensiun Jadi Aktor di Usia 90 Tahun

Michael Caine resmi pensiun sebagai seorang aktor. Pengumuman ini berjarak sekitar tiga minggu setelah ia memberikan isyarat bakal menyudahi karier beraktingnya.

“Saya terus berkata akan pensiun. Sekarang saya sudah (pensiun),” kata Michael Caine ketika wawancara di BBC Radio 4, dilansir Variety, Sabtu (14/10).

Film terakhir Caine sebagai seorang aktor adalah The Great Escaper yang disutradarai oleh Oliver Parker. Film yang diangkat dari kisah nyata tersebut sudah tayang sejak 6 Oktober lalu.

Caine menjadi pemeran utama dalam film tersebut sebagai Bernard Jordan alias Bernie. Karakter yang ia mainkan tersebut merupakan seorang veteran tentara Perang Dunia II berusia 89 tahun.

Bernie diceritakan kabur dari panti jompo pada Juni 2014 demi menghadiri peringatan 70 tahun Invasi Normandia alias D-Day di Prancis.

Michael Caine tidak menampik telah menyumbang bakat aktingnya untuk film-film bagus. Namun, ia merasa karakter-karakter yang dia perankan kini hanya sebatas orang lanjut usia berusia 90-an tahun.

“Saya rasa saya punya film di mana saya menjadi pemeran utama dan mendapatkan ulasan luar biasa,” ujarnya.

“Peran-peran yang bakal saya dapatkan sekarang adalah orang tua, berumur 90 tahun atau mungkin 85,” lanjutnya. “Lalu saya berpikir, ‘Ya, sekalian saja tinggalkan semua ini. Saya punya ulasan hebat. Apa lagi yang saya harus lakukan?'”

Wish dan Angan Griselda Sastrawinata, Orang Indonesia di Disney
Sehingga, Caine merasa sudah cukup dengan capaiannya di industri perfilman selama ini dan menyerahkan nasib industri di tangan anak-anak muda.

“Kalian tidak bakal memakai pemeran utama laki-laki berusia 90 tahun, kalian bakal punya laki-laki dan perempuan muda yang tampan,” tuturnya.

Meski demikian, bukan berarti Michael Caine merasa aktor lansia itu sesuatu hal yang buruk. Ia tetap menghargai akting mereka dalam layar.

“Bagi saya, itu tidak sejelek yang dipikirkan,” ujarnya. “Saya ingat ketika masih muda berbicara dengan orang tua berumur 90, dan mereka tidak seperti saya.”

“Mereka laki-laki bertubuh kecil dengan bahu bungkuk. Saya berpikir saya tidak seperti mereka dan saya telah berubah,” pungkasnya.

Michael Caine merupakan aktor berdarah Inggris yang lahir pada 14 Maret 1933. Ia telah membintangi lebih dari 160 fil, sepanjang kariernya selama sekitar 80 tahun.

Ia mulai masuk dalam radar aktor ketika membintangi sejumlah film, seperti Zulu (1964), The Italian Job (1969), hingga Battle of Britain (1969). Namanya semakin melejit ketika membintangi Get Carter (1975), The Eagle Has Landed (1976), hingga A Bridge Too Far (1977).

Selain itu, Caine juga dikenal sebagai aktor yang “langganan” dipakai oleh sutradara Christopher Nolan, yaitu trilogi Batman (2005-2012), The Prestige (2006), Inception (2010), Interstellar (2014), Dunkirk (2017), dan Tenet (2020).

Sepanjang kariernya, Michael Caine mendapat enam nominasi Academy Awards dan hanya berhasil membawa dua piala. Ia didapuk sebagai Best Supporting Actor ketika membintangi Hannah and Her Sisters (1986) dan The Cider House Rules (1999).

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *