Investor Ketar-Ketir Suku Bunga, Wall Street Ngedrop

Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street, kembali melemah walaupun tipis. Indeks Dow Jones tidak beranjak dari zona merah pada perdagangan Kamis waktu setempat.

Pemicu pelemahan bursa Wall Street karena investor masih khawatir mengenai kenaikan suku bunga yang lebih lama menjelang laporan pekerjaan pada Jumat. Kondisi ini akan berperan dalam membentuk keputusan Federal Reserve apakah akan menaikkan suku bunga pada bulan depan.

Melansir Investing.com, Jumat, 6 Oktober 2023, indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,03 persen atau 11 poin, Nasdaq turun 0,1 persen, dan S&P 500 turun 0,1 persen.

Selain itu, imbal hasil treasury juga kembali melemah, meskipun tetap berada pada level tertinggi multi-tahun.

Hal ini karena investor khawatir akan berlanjutnya kenaikan karena laporan pekerjaan yang lebih kuat pada Jumat dapat menandakan The Fed memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membatasi pertumbuhan.

Data klaim pengangguran AS

Data klaim pengangguran yang lebih sedikit dari perkiraan pada pekan yang berakhir 23 September menambah gambaran beragam di pasar tenaga kerja. Termasuk peningkatan permintaan tenaga kerja yang mengejutkan dan melambatnya pertumbuhan lapangan kerja swasta yang terlihat sepanjang minggu ini.

Laporan ketenagakerjaan diharapkan memberikan wawasan lebih lanjut mengenai pasar tenaga kerja yang tetap tangguh dan terbukti mendukung The Fed dalam mengendalikan inflasi.

Perekonomian AS diperkirakan telah menciptakan sekitar 170 ribu lapangan kerja pada bulan lalu. Pertumbuhan upah kemungkinan meningkat sebesar 0,1 persen pada bulan tersebut, namun tetap stabil dalam 12 bulan hingga September.

Pemogokan baru-baru ini yang dilakukan oleh anggota United Auto Workers (UAW) di tiga besar produsen mobil AS diperkirakan tidak akan tercermin dalam laporan September.

“Kami tidak berasumsi adanya hambatan dalam perselisihan perburuhan, karena pemogokan United Auto Workers dimulai setelah awal minggu survei,” kata Goldman Sachs dalam catatannya baru-baru ini.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Investasi Kontan

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *