PM Thailand Bertekad Tingkatkan Pencegahan usai Penembakan di Mal Bangkok

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin berjanji untuk melakukan tindakan pencegahan terkait insiden penembakan di sebuah pusat perbelanjaan Bangkok, yang telah menewaskan dua warga negara asing.

Penembakan di salah satu mal terbesar di Bangkok itu menjadi pukulan baru bagi upaya Thailand dalam meningkatkan kembali perekonomian melalui industri pariwisata setelah pandemi Covid-19.

PM Srettha sempat mengheningkan cipta selama satu menit di mal Siam Paragon, sebelum kemudian menyampaikan belasungkawa pemerintah kepada keluarga dua korban tewas, yang masing-masing berasal dari Tiongkok dan Myanmar.

“Saya yakin Siam Paragon dan pejabat pemerintah melakukan yang terbaik untuk meminimalisasi korban jiwa dan kerusakan,” kata PM Srettha, dilansir dari Malay Mail, Rabu, 4 Oktober 2023.

“Pemerintahan saya bertekad memberikan prioritas pada tindakan pencegahan,” tambahnya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kepolisian Thailand telah menangkap seorang tersangka penembakan yang baru berusia 14 tahun. Ia adalah seorang siswa di sebuah sekolah swasta dengan uang semester sebesar USD4.000 (setara Rp62,5 juta). Sekolah ini berjarak hanya beberapa meter dari mal Siam Paragon.

Penyelidik mengatakan anak laki-laki itu sedang dirawat atas penyakit mental, dan diketahui sudah tidak meminum obatnya. Remaja yang tak disebutkan namanya itu mengaku mendengar sempat suara-suara yang menyuruhnya menembaki orang.

Penembakan di Siam Paragon terjadi hanya beberapa hari sebelum peringatan pembantaian di sebuah taman kanak-kanak di Thailand utara yang menewaskan 36 orang.

Pada 2020, seorang mantan perwira militer menembak mati 29 orang dalam sebuah aksi brutal di sebuah mal di kota timur laut Nakhon Ratchasima.

Berdasarkan perkiraan, ada sekitar 10 juta senjata api yang beredar Thailand, atau 1 dari 7 warga negara. Angka ini menjadikan Thailand sebagai negara Asia dengan tingkat kepemilikan senjata tertinggi.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *