Harga Minyak Dunia Melemah Tertekan Kenaikan Pasokan

Harga minyak dunia melemah pada pembukaan perdagangan hari ini. Harga minyak dunia tertekan kenaikan pasokan dari anggota negara produsen minyak dunia (OPEC) serta potensi kenaikan suku bunga The Fed.

Melansir Investing.com, harga minyak dunia WTI turun 0,37 persen ke level USD88,5 per barel. Minyak mentah brent turun 0,10 persen dengan berada pada level USD90,32 per barel pada pembukaan perdagangan Selasa, 3 Oktober 2023.

Produksi minyak mentah OPEC naik 120 ribu barel per hari (bpd) pada September dalam sebulan. Hal ini merupakan peningkatan bulanan kedua berturut-turut, karena produksi yang lebih tinggi di Iran dan Nigeria mengimbangi pengurangan produksi di Arab Saudi.

Alhasil seluruh anggota OPEC memproduksi 27,73 juta barel per hari pada September 2023. Nigeria dan Iran meningkatkan produksinya paling besar, menurut survei berdasarkan data pelacakan kapal, konsultan, dan sumber di OPEC dan perusahaan minyak.

Kenaikan suku bunga

Alat FedWatch dari bursa derivatif CME menjelaskan posisi dalam kontrak berjangka Dana Fed melonjak untuk memperkirakan kemungkinan kenaikan suku bunga bulan depan sebesar 28 persen dari 18 persen.

Kepala Strategi Teknikal di SKCharting.com Sunil Kumar Dixit menuturkan kekhawatiran atas kenaikan suku bunga di masa mendatang menyebabkan WTI turun sekitar USD4 dari level tertinggi 13 bulan.

“Lebih jauh lagi, support langsung bergeser ke EMA 5 minggu, atau Exponential Moving Average, yang berposisi dinamis di USD89,50 per barel,” kata dia.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Bahari News

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *