El-Sisi Kembali Incar Posisi Presiden Mesir untuk Periode Ketiga

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi telah mengonfirmasi dirinya akan mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga pada pemilihan Desember mendatang.

Menurut perkiraan yang beredar, el-Sisi akan memenangkan lagi pemilu tersebut.

Pemilu terjadi saat Mesir sedang bergulat dengan krisis ekonomi, rekor inflasi, serta nilai mata uang lokal yang terdepresiasi tajam.

“Saya telah memutuskan untuk mencalonkan diri saya sendiri untuk mewujudkan impian tersebut selama masa jabatan presiden yang baru,” kata el-Sisi, dikutip dari Al Jazeera, Selasa, 3 Oktober 2023.

“Saya menyerukan kepada seluruh rakyat Mesir untuk berpartisipasi dalam kancah demokrasi ini untuk memilih dengan hati nurani patriotik mereka siapa yang layak,” imbuh el-Sisi.

Diperkirakan 65 juta warga Mesir dilaporkan berhak memilih dalam pemilu, yang akan diadakan selama tiga hari dari 10-12 Desember. arga Mesir yang tinggal di luar negeri akan dapat memberikan suara mereka pada 1-3 Desember.

Sejumlah politisi telah mengumumkan upaya mereka untuk mencalonkan diri sebagai presiden namun tidak ada yang memberikan tantangan serius bagi el-Sisi, yang telah berkuasa sejak tahun 2014 setelah memimpin tentara untuk menggulingkan Presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis, Mohammed Morsi dari Ikhwanul Muslimin pada 2013.

El-Sisi diumumkan sebagai pemenang pemilu presiden tahun 2014 dan 2018 dengan perolehan 97 persen suara.

Mesir telah menyaksikan tindakan keras terhadap kebebasan berekspresi di bawah pemerintahan el-Sisi dengan ratusan aktivis dan lawan politik dipenjarakan atau diasingkan, yang telah menimbulkan protes keras dari para aktivis hak asasi manusia.

Ikhwanul Muslimin telah dilarang sebagai organisasi “teroris” dan oposisi politik Mesir yang terpecah-pecah mengatakan mereka mendapat tekanan menjelang pemilu.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : inews.Id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *